06 Mei 2014 – Aku Berubah

Baca: Lukas 19:1-10
“Lukas 19:8 Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: “Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan ku kembalikan empat kali lipat.”

Zakheus dalam bahasa aslinya Zakhaios atau Zaka yang berarti “Saleh.” Tetapi kalau kita melihat cerita tentang Zhakeus sangat bertolak belakang dengan arti dari namanya. Zakheus sering mengambil hak orang lain yang bukan menjadi haknya, hal tersebut membuat dirinya tidak disukai oleh orang banyak.
Kalau kita melihat zaman sekarang ada banyak orang yang menggunakan nama tokoh-tokoh dalam Alkitab, tetapi perbuatannya tidak mencerminkan karakter seorang Kristen. Bahkan mereka yang duduk dalam jabatan pemerintahan kita pun tidak lepas dari perbuatan curang yang tidak memuliakan nama Tuhan, mereka menjadi batu sandungan bagi orang lain. Nama serta atribut yang kita gunakan tidak menjadi jaminan perubahan diri. Hanya dekat dengan Tuhan, serta selalu melekat pada Firman-Nya itulah yang sangup mengubah karakter kita. 2 Timotius 3:16.
Apakah kita siap menjadi berkat hari ini? Atau sebaliknya kita malah menjadi batu sandungan bagi orang lain? Zakheus adalah orang yang dianggap orang yang paling berdosa pada zamannya. Tetapi tidak ada yang mustahil bagi Tuhan. Ketika Zakheus berjumpa dengan Yesus ia mengalami perubahan secara total. Bahkan apa yang tidak pernah terpikirkan oleh akal manusia saat itu ia lakukan. Ia mengembalikan setiap uang orang pernah ia peras bahkan bukan hanya di kembalikan tetapi di kembalikan empat kali lipat. Sudahkah Anda merasakan perubahan yang lebih baik dalam diri Anda? Kalau belum, mendekatlah kepada Tuhan, karena hanya Yesus yang sanggup mengubah hidup Anda. DN

PERJUMPAAN DENGAN TUHAN PASTI MEMBAWA PERUBAHAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>