13 Mei 2014 – Karakter Pemarah

Baca: Yakobus 1:19-27
“Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah.” (Yakobus 1:19)

Toscanini (seorang maestro besar), terkenal karena karakternya yang pemarah. Karakter pemarahnya sangat luar biasa. Pada suatu ketika, saat latihan anggota orkestranya salah memainkan sebuah nada mol. Hal tersebut menyebabkan si maestro jenius merenggut arloji mahalnya dan membantingnya. Arloji tersebut hancur dan tidak dapat diperbaiki lagi. Beberapa hari kemudian, Toscanini menerima hadiah sebuah kotak berwarna merah dari anggota orkestranya. Kotak itu berisi dua arloji, satu berupa arloji emas indah dan yang lain arloji murahan. Pada bagian belakang arloji murahan terdapat kata-kata “hanya untuk latihan”.
Yakobus sebagai hamba Allah kembali mengingatkan kita betapa pentingnya penguasaan diri. Penguasaan sanggat penting karena akibat yang di timbulkan orang yang lepas kontrol sangat fatal, bisa merugikan diri sendiri dan juga orang lain. Oleh sebab itu mari kita sadari setiap kelemahan kita, secara khusus dalam mengkontrol diri, emosi dan perkataan kita. Rasul Yakobus mengingatkan kita untuk cepat mendengar dari pada berkata-kata. Yakobus tahu betul ketika orang yang sudah terpancing emosi sangat susah untuk mengkontrol perkataannya.
Bagaimana dengan Anda saat ini, sudah bisakah Anda menguasai diri ketika marah? Mari kita belajar bersama dalam hal ini. “Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah” (Amsal 15:1). “Si pemarah membangkitkan pertengkaran, tetapi orang yang sabar memadamkan perbantahan” (Amsal 15:18). Belajarlah menguasai diri dalam segala hal. DN

JANGAN BERGAUL DENGAN SEORANG PEMARAH (Amsal 22:24b)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>