21 Mei 2014 – Didikan Orang Tua

Baca: II Timotius 1:1-5
“Kepada Timotius, anakku yang kekasih: kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Kristus Yesus, Tuhan kita, menyertai engkau.” (Matius 20:2)

Istilah yang umum kita ketahui menggambarkan ayah dan aanaak yakni, “Like father like son” secara harfiah istilah ini berarti, Seperti ayah demikianlah anak, namun secara umum istilah ini dipakai untuk menunjukkan sebuah persamaan sifat, kebiasaan, hobi, talenta, antara generasi sebelumnya dengan generasi berikutnya dalam suatu keluarga.
Alkitab menjelaskan Timotius lahir dari seorang wanita Yahudi bernama Eunike, dan ayahnya berkebangsaan Yunani(Kisah Para Rasul 16:1), Mereka tinggal di sebuah kota bernama Listra. Arti nama Timotius sendiri dalam bahasa Yunani berarti “Kehormatan bagi Tuhan”. Neneknya Lois dan ibunya, Eunike mendidik Timotius sejak kecil dengan setia mengenai firman Tuhan sehingga ia bertumbuh menjadi anak yang juga beriman kepada Tuhan. Setelah beranjak dewasa, Timotius menjadi anak didik dari Rasul Paulus. Dalam suratnya kepada Timotius, Paulus menyebutnya dengan anakku yang kekasih dan ia senantiasa mendidik Timotius dalam kebenaran, Ia setia memberikan nasehat supaya bertekun dan mengobarkan karunia Allah yang ada padanya. Betapa Paulus mengasihi Timotius sebagai anak rohaninya. Dan Timotius juga telah membuktikan bahwa ia seorang anak rohani yang baik yang telah mengikuti bapak rohaninya dalam hal ajarannya, kemudian mengajarkan kepada jemaat. Cara hidup dan pendiriannya yang teguh sekalipun harus menderita. Bahkan dalam iman dan kasihnya. Dengan demikian teladan didikan yang baik telah berhasil di berikan Paulus kepada Timotius anaknya.
Penting sekali sebagai orang tua memberikan teladan rohani. Sudahkah Anda memberikan teladan iman bagi anak? YN

ORANG TUA YANG BERHASIL IALAH MEREKA YANG MEMBERIKAN TELADAN IMAN BAGI ANAK-ANAKNYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>