22 Mei 2014 – Abaikan kritikan

Baca: Matius 12:9-15a
“Ketika Petrus tiba di Yerusalem, orang-orang dari golongan yang bersunat berselisih pendapat dengan dia.” (Kisah Para Rasul 11:2)

Pada suatu hari Sabat Yesus masuk ke Bait Allah, disitu didapati seorang yang mati sebelah tangannya. Mereka yang ada dalam Bait Allah bertanya kepada-Nya, “Bolehkah menyembuhkan orang pada hari Sabat?” Maksud mereka ialah supaya dapat mempersalahkan Yesus.
Yesus yang tahu isi hati mereka, berkata kepada orang itu, “Ulurkanlah tanganmu” dan orang itu sembuh. Pemimpin-pemimpin Agama dan orang-orang Farisi yang hadir dalam Bait Allah sekalipun melihat dan menyaksikan perbuatan besar yang dilakukan oleh Yesus, mereka malah menolak hal itu karena perbuatan Yesus dilakukan pada hari Sabat dimana menurut mereka seharusnya tidak boleh melakukan pekerjaan apapun. Orang-orang Farisi serius dalam memelihara hari Sabat, tetapi tidak dalam hal menunjukkan kasih kepada orang yang menderita cacat. Yang dikehendaki Yesus adalah belas kasih, bukan korban (Hosea 6:6). Kasus yang sama mungkin pernah kita alami. Ada orang-orang, apapun perbuatan baik yang kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan mereka tidak pernah direspons dengan baik, sebaliknya mereka tidak pernah ‘mendukung’ apapun yang kita kerjakan, bahkan menjatuhkan kita senantiasa?
Dalam situasi semacam itu, mari kita ‘maju’ lebih jauh lagi menyerahkannya kepada Tuhan, karena Dia-lah yang akan menghakimi segala sesuatu. Tak ada tempat bagi kita untuk menghakimi seseorang. Ketahuilah, perbuatan jahat apapun yang mereka lakukan terhadap Anda, akan dijadikan Allah sesuatu yang baik bagi Anda. Semakin dalam mereka menekan dan menjatuhkan Anda, semakin tinggi Allah membawa Anda terbang. TL

APAKAH ANDA MEMANFAATKAN ORANG ATAU MELAYANI ORANG?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>