02 Juni 2014 – Tangan Berdoa

Baca: Roma 8:18-30
“Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.” (Roma 8:26)

Hasil seni yang diberi nama “Tangan Berdoa” adalah karya Albrecht (Albert) Durer, seorang pelukis dan pemahat dari Jerman. Karya seni ini ternyata bermula dari sebuah kisah nyata persahabatan Albert Durer dan Hans. Mereka ingin sekali masuk sekolah seni. Masalahnya, mereka tidak mempunyai cukup uang.
Dalam kesulitan ini, Hans punya ide, “Bagaimana kalau kita bergiliran. Kamu sekolah dan saya bekerja untuk membiayai sekolahmu. Nanti kalau kamu sudah selesai sekolah, kamu menjadi pelukis dan dapat uang. Uang itu untuk membiayai sekolahku.” Albert langsung menawarkan diri untuk bekerja dulu. Tapi Hans menjawab, “Tidak! Biarlah saya yang bekerja duluan. Kamu yang sekolah.” Akhirnya Albert dapat masuk sekolah seni lukis dan pahat. Sedangkan Hans, bekerja sebagai pekerja bangunan. Selama beberapa tahun keadaan ini terus berlangsung.
Sampai tiba saatnya Albert lulus dari sekolah. Albert dengan penuh semangat pergi ke rumah Hans. Tetapi, ia mengetuk pintu rumah berulang kali tidak ada jawaban. Lalu Albert mengintip dari jendela. Ternyata Hans sedang berlutut berdoa sambil menangis. Kedua belah tangan sahabatnya itu tertangkup mengarah ke atas. Bekerja sebagai kuli bangunan mengakibatkan tangan Hans menjadi kaku dan kasar. Oleh karenanya Hans tidak mungkin menjadi pelukis. Pengorbanan yang diberikan Hans kepada Albert, tentu tidak bisa dilupakan oleh Albert seumur hidupnya. Dan, untuk mengabadikan kenangan indah atas pengorbanan sahabatnya itu, Albert membuat lukisan dan pahatan yang diberi nama “Tangan Berdoa.” SP

TANPA ANDA SADARI, ROH KUDUS SENANTIASA BERSYAFAAT UNTUK SETIAP ORANG PERCAYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>