05 Juni 2014 – Mendukakan Roh Kudus

Baca: Efesus 4:17-32
“Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.” (Efesus 4:30)

Sadar atau tidak seringkali kita tidak menghormati keberadaan Roh Kudus di dalam kehidupan kita sebagai orang percaya, bukan? Seolah-olah kita tidak memerlukan-Nya sebagai pribadi yang diutus oleh Kristus, ketika Ia naik ke sorga. Seringkali kita mendukakan Roh Kudus dengan berjalan semau kita sendiri.
Alkitab dengan jelas menyatakan bahwa Roh kudus adalah Roh Kebenaran yang diberikan oleh Allah, yang akan menolong dan menyertai setiap orang percaya, “Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.” (Yohanes 14:26) dan “…akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.” (Yohanes 16:13). Jadi Roh Kudus itu bukan sekedar suatu kuasa, tapi Dia adalah satu Pribadi, yaitu Pribadi dari Allah Tritunggal. Karena itu Ia juga layak untuk dihormati dan dihargai sama seperti kita menghormati Allah Bapa dan juga Tuhan Yesus.Ketika kita tidak percaya, ragu dan bimbang terhadap janji Tuhan, saat itu kita sedang membuat Roh kudus sedih dan berduka.Saat kita mengutamakan perkara-perkara yang ada di dunia ini dan mengasihinya jauh melebihi kasih kita kepada Tuhan, kita telah membuat Roh Kudus juga berduka. Roh Kudus memandang kasih itu dengan cemburu sebab Dia tidak ingin kita menduakan-Nya.
Adakah Anda setiap waktu menyediakan waktu pribadi untuk menyenangkan Roh Kudus Allah? Jika tidak, Anda sedang mendukakan-Nya. Mari, bertobat dan menyukakan Roh Kudus dengan hidup di pimpin oleh-Nya! YN

KETIDAKTAATAN PERKATAAN DAN PERBUATAN TANDA KITA MENDUKAKAN ROH KUDUS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>