23 Juli 2014 – Pukat Yang Dilabuhkan

Baca: Matius 13:47-50
“Demikianlah pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama pukat yang dilabuhkan di laut, lalu mengumpulkan berbagai-bagai jenis ikan.” (Matius 13:47)

Salah satu wilayah penangkapan ikan yang terbaik di Israel adalah tepi Danau Galilea. Di mana air sungai Yordan yang mengalir deras membawa tumbuh-tumbuhan untuk menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan. Menurut G. Cansdale, setidaknya ada 24 species ikan yang sudah diidentifikasi di danau yang terkenal itu.
Tuhan Yesus memberikan perumpamaan tentang pukat yang dilabuhkan di laut kepada para murid-Nya yang sebagian besar berlatar belakang sebagai nelayan di Danau Galilea. Dalam perumpamaan-Nya itu, Yesus menggambarkan seorang yang menangkap ikan dengan menggunakan pukat atau jala. Di butuhkan enam orang atau lebih untuk membentangkan pukat ke laut. Pukat biasanya memiliki ukuran: Panjang 100 meter dan Lebar kira-kira dua meter. Pada saat nelayan membentangkan pukat maka ikan-ikan banyak yang terjaring, baik kecil maupun yang besar. Biasanya ada yang dimakan dan ada yang tidak bisa dimakan. Dan ikan yang baik dikumpulkan ke dalam pasu dan ikan yang tidak baik mereka buang. Dengan prinsip inilah Tuhan Yesus mengajar para murid mengenai pemisahan yang Tuhan kerjakan sendiri menjelang hari penghakiman nanti. Tugas kita ialah melakukan tugas penjala dengan baik, jangan tawar hati bila ada yang menolak, menghambat atau mengabaikan untuk percaya Yesus. Percaya saja!
Terkadang kita menemui orang-orang yang menyalah gunakan kasih karunia yang di berikan Tuhan. Ketahuilah pada hari terakhir Tuhan sendiri yang membawa pemisahan antara orang benar dan orang fasik atau orang jahat. Pastikan kita tidak masuk ke dalam tempat ratapan dan kertakan gigi. Setialah sampai akhir. Sudahkan Anda mengerjakan keselamatan Anda dengan tekun? YN

PEMISAHAN ORANG PERCAYA DAN FASIK, BENAR DAN JAHAT AKAN DILAKUKAN MENJELANG AKHIR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>