26 Juli 2014 – Perasaan Bersalah

Baca: I Yohanes 3:19-24
“Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau hati kita tidak menuduh kita, maka kita mempunyai keberanian percaya untuk mendekati Allah.” (I Yohanes 3:21)

Masihkah Anda ingat kecelakaan tenggelamnya kapal penumpang di Korea Selatan, pada bulan April lalu? Insiden itu terjadi sekitar pukul sembilan pagi waktu setempat, Rabu 16 April 2014. Sebanyak 470 penumpang berada di dalam kapal. 320 di antaranya murid-murid sekolah yang berangkat dari Incheon untuk liburan di penginapan pulau Jeju. Pada waktu itu, 174 berhasil diselamatkan, di antaranya adalah Kang Min-gyu, pria 52 tahun, wakil kepala sekolah SMA Danwon yang bertugas menemani para siswa yang saat itu tengah dalam perjalanan berlibur menuju Pulau Jeju. Tetapi berita mengejutkan yang tersiar pada jumat 18 April 2014, Kang Min-gyu ditemukan gantung diri dengan ikat pinggang di pohon di luar sebuah gym di kota Jindo, tempat berkumpulnya para orangtua siswa yang hilang. Dia tidak meninggalkan pesan apapun sebelum mengakhiri nyawanya. Namun, diduga dia merasa bersalah karena merasa tidak bisa melindungi para siswanya yang berasal dari SMA Danwon di Seoul.
Kang Min-gyu, menjadi contoh bagi kita bahwa perasaan bersalah itu mendorong seseorang untuk melakukan hal yang tidak berkenan. Sebagai orang percaya, tentu setiap kita mempunyai latar belakang hidup yang tidak baik, tetapi hal itu adalah masa lalu. Ketika kita memutuskan untuk percaya Yesus, pada saat itulah kita menjadi manusia baru. Dosa-dosa yang lama Tuhan sudah ampuni. Jika perasaan bersalah itu menghatui kita, kita harus melawan dan datang kepada Tuhan penebus dosa kita.
Perasaan bersalah memang tidak mudah untuk dilupakan, tetapi sebagai orang percaya hal tersebut tidak boleh menghalangi kita untuk maju bersama dengan Kristus. SP

TUHAN TIDAK MEMANDANG DOSA-DOSA KITA, TETAPI IA MELIHAT BETAPA BERHARGANYA HIDUP KITA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>