27 Juli 2014 – Bartimeus

Baca: Yakobus 1:2-8
“Lalu kata Yesus kepadanya : “Pergilah, imanmu telah menyelamatkan engkau!” Pada saat itu juga melihatlah ia, lalu ia mengikuti Yesus dalam perjalanan-Nya. (Markus 10:52).

Bartimeus seorang yang buta dan menjadi pengemis di dekat Pintu Gerbang Yerikho yang mengalami mujizat karena imannya. Saya kira, tidak cukup itu saja. Dalam imajinasi saya, dia bertanya kepada rekan-rekannya sesama pengemis: “Eh, koq aku dengar … Yesus mau lewat di Pintu Gerbang Yerikho ini?” Yang lain menjawab: “Benar, Yesus mau lewat Pintu Gerbang ini.” Kembali Bartemius bertanya, “Yesus Kristus yang tiap hari bikin muzizat itu?” Jawab temannya, “Yang bikin orang lumpuh bisa berjalan, orang kusta menjadi tahir dan orang buta bisa melihat?” “Benar,” jawab pengemis yang lain. Kemudian Bartimeus berpikir: “Kapan lagi Yesus lewati Pintu Gerbang ini? Mungkin hanya untuk sekali ini saja.” Sehingga ia tidak melewatkan kesempatan itu.
Seringkali, kesempatan emas tidak akan terulang untuk kedua kalinya! Akhirnya, Yesus yang ditunggu-tunggu itu pun tiba. Maka Bartimeus bergegas menghampiri Yesus, dan mulai berteriak lantang: “Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku …” (Markus 10:47). Bartimeus pun mengalami mujizat Tuhan. Ada kelompok dari orang-orang buta tersebut yang berpikir, bahwa oleh karena kami cacat, miskin dan lemah, maka kami butuh belas kasihan. Tolonglah kami! Jadilah mereka “pengemis abadi.” Namun Bartimeus bukan di kelompok itu. Sekali pun aku buta, telingaku tidak tuli, mulutku tidak bisu dan otakku bisa dipakai untuk berpikir. Artinya, Bartimeus punya fighting spirit. Pantang menyerah! Imannya bulat, tapi juga, ia mau berusaha.
Hari-hari ini Anda susah? Belajarlah dari Bartemius yang memilih untuk bergerak mendekat kepada Tuhan, ketika kesempatan itu ada. GS

KARENA ANJING YANG HIDUP LEBIH BAIK DARIPADA SINGA YANG MATI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>