29 Juli 2014 – Terjadi Perubahan

Baca: Yohanes 4:1-42
“Mari, lihat! Di sana ada seorang yang mengatakan kepadaku segala sesuatu yang telah kuperbuat. Mungkinkah Dia Kristus itu?” (Yohanes 4:28,29)

Di masa itu perempuan-perempuan Israel pergi ke sumur untuk menimba air di pagi atau sore hari. Tidak ada yang pergi menimba air di sumur pada siang hari. Itulah sebabnya, mengapa Perempuan Samaria dari Sikhar pergi ke sumur untuk mengambil air di siang hari. Karena ia memang menghindar, jangan sampai ia bertemu dengan banyak perempuan lain di Sikhar, hingga ia harus menerima cemooh dan hinaan yang membuat kuping panas dan hati pedih.
Namun setelah ia jumpa dan bincang-bincang dengan Yesus Kristus di tepi sumur Yakub itu, ia melakukan dua hal yang aneh. Pertama, ia meninggalkan tempayannya. Padahal ia datang ke sumur itu, karena mau menimba / mengambil air. Yang kedua, ia kini tidak lagi menghindar, karena dicengkram rasa malu. Ia justru mendatangi orang-orang kotanya (Yohanes 4:28,29). Artinya, telah terjadi perubahan dalam diri Perempuan Samaria ini. Ia telah menerima pencerahan, lalu alami pertobatan dan beriman kepada Yesus Kristus. Ia telah alami “hidup baru” dan telah menerima “Air Kehidupan” dari Yesus Kristus. Dalam diri “Perempuan Samaria” itu, telah terjadi perubahan! Dalam diri Zakheus juga telah terjadi perubahan. Ketika ia disindir dan dikecam, Zakheus berkata: “Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat.” (Lukas 19:8).
Perempuan sundal dan pemungut cukai dapat diubah oleh Tuhan Yesus dan mengalami perubahan total dalam hidupnya. Apapun keadaan Anda sekarang, di dalam Yesus Anda juga bisa mengalami perubahan. GS

KELAHIRAN BARU ADALAH MUZIZAT YANG TERBESAR DAN MENAKJUBKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>