31 Juli 2014 – Kasih Menciptakan Ketenangan

Baca: I Yohanes 4:7-21
“Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu.” (Yohanes 15:9)

Beberapa ilmuwan Perancis menetapkan Matthieu Ricard sebagai orang yang paling bahagia yang pernah mereka uji. Ilmuwan saraf otak Richard Davidson memasang kabel pendeteksi dengan 256 sensor pada tengkorak Matthieu Ricard di University of Wisconsin, sebagai bagian dari penelitian ratusan praktisi meditasi. Hasil scan menunjukkan bahwa ketika merenungkan kasih sayang, otak Ricard menghasilkan tingkat gelombang gamma yang terkait dengan kesadaran, perhatian, pembelajaran dan memori “yang tidak pernah disebutkan sebelumnya dalam literatur tentang ilmu neurosains,” kata Davidson. Hasil scan juga menunjukkan aktivitas berlebihan di korteks prefrontal kiri otaknya dibandingkan dengan bagian kanan, yang memberinya kapasitas abnormal yang cukup besar untuk merasakan  kebahagiaan dan mengurangi kecenderungan terhadap hal-hal negatif. Kesimpulan dari penelitian tersebut adalah, bahwa memikirkan perbuatan kasih itu menciptakan sebuah ketenangan hidup.
Jika kita memperhatikan hasil dari penelitian di atas, bahwa sesungguhnya apa yang Tuhan perintahkan, tidak sekadar untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan rohani. Menurut penelitian para ilmuwan Perancis di atas, menunjukkan bahwa ketika kita menerapkan kasih, maka hidup kita akan cenderung merasakan kebahagiaan. Oleh sebab itulah, Tuhan yang menciptakan kita tentu mengetahui sebuah kunci hidup bahagia, yaitu “… tinggallah di dalam kasih-Ku itu.” (Yohanes 15:9)
Hari-hari ini Anda merasa tidak bahagia? Renungkanlah kembali, sudahkah Anda banyak berbuat kasih? Memberi, mengampuni dan menjauhkan diri dari perselisihan adalah bukti kasih Kristus. Tinggalah di dalam Yesus yang penuh kasih itu. SP

KASIH MELENYAPKAN KETAKUTAN. (1Yohanes 4:18)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>