05 Agustus 2014 – Terang Yang Bercahaya

Baca: Matius 5:14-16
“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga..” (Matius5:16)

Yesus berkata dalam Yohanes 8:12 “Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.” Di sini jelas kita dapat melihat bagaimana Yesus memperkenalkan diri-Nya sebagai terang dunia. Sedangkan dalam ayat bacaan kita, Yesus menyatakan bahwa kamu adalah terang dunia. Kita bisa menjadi terang dunia hanya dengan percaya dan mengikut Yesus sebagai terang yang sesungguhnya. Terang itu akan bercahaya dalam hidup kita, sehingga dapat dilihat semua orang melalui perkataan dan perbuatan kita.
Karena itu, kita harus mengetahui bahwa: Terang itu bagaikan kota di atas gunung (14). Sehingga melalui kehidupan kita, kita harus memperkenalkan terang yang sesungguhnya yang menerangi dan menjamin hidup setiap orang yang percaya sampai pada kehidupan yang kekal. Terang itu bukan untuk disembunyikan di bawah gantang tetapi diletakkan di atas kaki dian (15). Berarti, jangan pelit dengan menyimpan terang itu bagi diri Anda sendiri, namun biarlah terang itu bercahaya dan menerangi dunia yang gelap ini. Karena itulah kerinduan Tuhan bagi setiap kita sehingga menempatkan kita dalam dunia. Kemudian, terang itu dibagikan untuk kemuliaan Tuhan (16). Terang itu ditunjukkan melalui perbuatan baik dalam ketaatan kepada Allah dan firman-Nya, karena kita telah lebih dahulu menerima anugrah yang menerangi hidup kita. Dengan demikian nama Tuhan pasti dimuliakan.
Sudahkah terang yang ada dalam diri Anda bercahaya dan dilihat serta dinikmati orang-orang di sekeliling Anda? Bagikanlah terang itu, untuk kemuliaan nama Tuhan. EJG

ORANG YANG BERJALAN PADA SIANG HARI, TIDAK TERANTUK KARENA MELIHAT TERANG DUNIA (Yoh 11:9)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>