09 Agustus 2014 – Memperoleh Hati Bijaksana

Baca: Matius 25:1-13
“Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.” (Mazmur 90:12)

Musa memiliki masa (pembagian) hidup yang unik. Pertama, 40 tahun di Mesir. Di sana ia belajar tulis menulis, ilmu ketatanegaraan, ilmu militer dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan dirinya sebagai pangeran, anak angkat puteri Firaun. Masa kedua, 40 tahun di Midian. Di sana ia dididik untuk menjadi orang yang rendah hati, sabar dan tekun. Lalu, dalam 40 tahun yang berikutnya dan yang terakhir, dalam perjalanan dari Mesir ke Tanah Perjanjian, ia belajar “hari lepas hari” untuk menjadi orang yang bijaksana di hadapan Allah.
Musa memimpin dan menggembalakan kurang lebih dua juta umat Israel, satu-satunya umat Allah di masa itu. Banyak hal telah terjadi, banyak masalah dialami. Namun semua beban berat dan kerumitan yang kompleks itu, justru membuat Musa memperoleh hati yang bijaksana (Mazmur 90:12).
Lalu, apakah tanda-tanda atau ciri khas kepribadian orang yang bijak itu? Sikap dan perilakunya benar, sesuai firman Allah, hingga bisa mengambil hati orang (Amsal. 11:30). Mau dan bisa mendengar atau menerima nasehat dan didikan (Amsal 12:15; 13:1). Ia bisa dan suka menimba ilmu pengetahuan (Amsal 10:14). Dan kalau ada malapetaka yang menghadang, dia dapat segera menghindar (Amsal 22:3). Dan orang bijak itu punya wibawa atau kharisma (Amsal 24:5). Itulah ciri-ciri orang bijaksana.
Namun dari semuanya, yang terpenting, ibarat gadis yang menantikan kedatangan Tuhan Yesus, ia menyediakan minyak secara penuh di pelita dan di buli-buli (cadangan), hingga saat Tuhan datang kedua kali, ia tidak ketinggalan atau tertinggal (Matiu 25:1-13). Kalau Anda, Anda termasuk orang bijaksana? Renungkan ciri-ciri orang bijaksana di atas. Apakah itu Anda? GS

ORANG BIJAK ADALAH ORANG YANG MEGUTAMAKAN KEKEKALAN, BUKAN HIDUP YANG SEMENTARA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>