24 Agustus 2014 – Menyangkal Diri

Baca: Matius 16:21-28
“Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku” (Matius 16:24).

Ada Sekolah Menengah Pertama (SMP) di suatu kota, yang mengharuskan murid-murid untuk membeli kaos kaki di sekolah. Dengan tujuan supaya semua murid memakai kaos kaki yang berwarna putih dan panjang, sehingga terlihat baik dan rapi. Memang semua murid membeli kaos kaki di sekolah, tetapi masih banyak murid yang memakai kaos kaki tidak sesuai dengan harapan sekolah. Sebab mereka dalam memakai kaos kaki warna putih dan panjang itu dengan cara dilipat dan bahkan ada yang dilipat sampai masuk ke dalam sepatu. Tidak dipakai sesuai aturan sekolah yang berlaku. Mengapa kaos kaki mereka dilipat? Sebab mereka masih mengikuti kesenangan sendiri dan belum menyangkal diri. Apa artinya menyangkal diri?
Menyangkal diri adalah suatu usaha untuk mengesampingkan diri, menjauhkan diri, meninggalkan kepentingan dan kesenangan sendiri, lalu menaruh, menyimpan dan melakukan kehendak Allah. Yesus Kristus lahir di kandang yang hina dan mati di kayu salib dengan hina adalah teladan yang sempurna mengenai menyangkal diri. Seperti halnya nasihat Paulus kepada jemaat di Filipi tentang teladan Yesus perihal menyangkal diri (Filipi 2:5-8). Menyangkal diri adalah suatu usaha dan tanggung jawab kita. Pada waktu kita membaca dan mendengar firman Allah, Roh Allah memberi pencerahan. Setelah kita mengerti, kita bertanggung jawab untuk menyimpan firman Allah dalam hati dan melakukannya dalam hidup sehari-hari.
Apakah Anda siap menyangkal diri? Apakah Anda mau menyimpan firman Allah dalam hati dan melakukan firman Allah dalam hidup ini? DS

MENGIKUT YESUS KEPUTUSANKU DAN MENYANGKAL DIRI TANGGUNG JAWABKU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>