17 September 2014 – Menyalahkan Orang Lain

Baca: Kejadian 3:1-24
“Manusia itu menjawab: “Perempuan yang Ka utempatkan di sisiku, dialah yang memberi dari buah pohon itu kepadaku, maka kumakan.” (Kejadian 3:12)

Kebiasaan merupakan salah satu sifat yang menjadi bagian kepribadian seseorang. Tentu setiap kita juga mempunya kebiasaan-kebiasaan yang tanpa kita sadari hal itu telah menemani hari-hari yang kita jalani. Namun ada kebiasaan yang ternyata dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, yaitu kebiasaan menyalahkan orang lain. Ketika melakukan kesalahan, kegagalan dan hal-hal yang buruk, maka orang tersebut akan mencari alasan-alasan untuk menyalahkan orang-orang disekitar mereka. Seseorang berkata, Jika Anda menyalahkan orang lain atas apa yang Anda rasakan, Anda justru memberi kekuatan pada mereka bahwa Anda sebenarnya tergantung pada mereka.

Ketika Adan dan Hawa jatuh kedalam dosa, mereka cenderung menyalahkan orang lain. Adam menyalahkan Hawa dan bahkan secara tidak langsung juga menyalahkan Tuhan, karena menempatkan Hawa disisi Adam (Kejadian 3:12). Begitu juga Hawa, ia menyalahkan ular yang telah mengelabuhinya untuk makan buah terlarang (Kejadian 3:13). Seharusnya respon Adam dan Hawa adalah mereka menyadari akan kesalah dan kemudian bertobat minta ampun kepada Tuhan. tentu hal yang demikian akan lebih bijak.

Sebagai anak Tuhan, seringkali kita pun tidak lepas dari kegagalan dan jatuh bangun dalam dosa. Dalam keterpurukan tersebut, seringkali kita tergoda untuk menyalahkan orang lain. Mari kita belajar bertanggung jawab dan tidak mudah menyalahkan keadaan maupun orang lain. Melihat kekurangan dan mencoba memperbaiki diri adalah cara untuk bangkit dari segala kegagalan. Intropeksi dirilah dalam segala keadaan. SP

SUKA MENYALAHKAN ORANG LAIN MERUPAKAN SIKAP YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>