21 September 2014 – Gelar Baik dan Setia

Baca: Matius 25:14-30
“Semua hal ihwalku akan diberitahukan kepada kamu oleh Tikhikus, saudara kita yang kekasih, hamba yang setia dan kawan pelayan dalam Tuhan.” (Kolose 4:7)

Apa yang membuat seorang pemimpin itu istimewa? Jawabnya adalah “kesetiaan” dan ”kredibiltas”nya. “Mengapa demikian?” Sebab ”pemimpin yang baik” seharusnya adalah pelayan yang baik.” Karena itu bila seorang ”pelayan.” Menurut Anda, gelar atau sebutan apa yang paling indah, paling membanggakan, dan paling Anda dambakan, yang Anda harapkan dari Yesus, ketika Anda menyelesaikan seluruh kerja Anda di dunia? Tentu, kita semua berharap sekiranya Yesus berkenan memberi sebutan yang sama dengan yang diberikan-Nya, kepada orang yang dinilai telah mengelola talentanya dengan baik. Gelar atau sebutan apa itu? Yaitu, “hamba yang baik dan setia.” “Baik sekali perbuatanmu itu, hai hamba-Ku yang baik dan setia! Engkau telah setia dalam perkara kecil, Aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu!” (Matius 25:21, 23).
Paulus begitu bangga dengan rekan pelayanannya, yaitu Tikhikus. Paulus memberi gelar Tikhikus, sebagai seorang hamba Tuhan yang setia. Tikhikus secara harafiah mempunyai arti “peluang atau kesempatan.” Nama Tikhikus disebut lima kali di bagian PB (Kisah Para Rasul 20:4; Efesus 6:21; Kolose 4:7; 2 Timotius 4:12; Titus 3:12). Tentu dalam pelayanan, kesetiaan dan kredibilitasnya sudah teruji, sehingga Paulus memberi gelar Tikhikus sebagai seorang hamba yang setia.
Pada dasarnya, baik pelayan gereja fulltimer maupun anak-anak Tuhan yang bukan fulltimer adalah hamba Tuhan. Sebagai hamba, Tikhikus mempunyai reputasi yang cukup baik. Rindukah Anda juga disebut hamba yang setia? SP

TIDAK ADA HAL YANG MENYENANGKAN TUHAN, SELAIN MENJADI HAMBA YANG BAIK DAN SETIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>