07 Oktober 2014 – Cinta dan Komitmen

Baca: Amsal 3:1-26
“Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu.” (Amsal 3:3)

Seseorang pernah bercerita, ketika dalam penerbangan dari China ke Hong Kong, ia membaca sebuah berita yang tragis yang dimuat disurat kabar yang sedang dibacanya. Ceritanya tentang seorang wanita yang bunuh diri beberapa jam setelah suaminya bunuh diri. Suaminya bunuh diri karena merasa isterinya tidak mau memaafkan setelah ia ketahuan selingkuh sengan seorang wanita. Si suami mengatakan bahwa ia sungguh-sungguh bertobat, tetapi si isteri tidak mau percaya dan tetap tidak mau memaafkannya sehingga ia bunuh diri. Si isteri merasa bahwa suaminya mati karena dirinya tidak mau menunjukkan maafnya. Ia menyesal dan kemudian bunuh diri. Keduanya dalah guru yang sangat dihormati dan berdedikasi tinggi dalam pekerjaan mereka.
Cinta tidak akan bertahan lama. Ada saat cinta itu tidak kelihatan. Ketika pasangan sedang dalam pemasalahan, saat itulah diperlukan komitmen untuk tetap bersama sampai maut memisahkan. Dan firman Tuhan hari ini sungguh memberi sebuah gambaran bahwa kasih dan setia adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain (Amsal 3:3). Ketika cinta itu mulai memudar, setialah yang akan mempertahankannya. Begitu juga sebaliknya, ketika jenuh dengan kesetiaan, maka hal yang perlu dibangun adalah cinta. Untuk itu cinta saja tidak cukup, diperlukan sebuah komitmen untuk membangun hubungan.
Mari membangun keluarga kita dengan kasih dan setia, dengan cinta dan komitmen. Mustahil sebuah keluarga akan langgeng jika kedua hal tersebut tidak menjadi bagian di dalamnya. Kiranya Roh Kudus senantiasa mengajarkan kasih dan setia-Nya dalam kehidupan kita. SP

KASIH DAN SETIA, IBARAT DUA SISI MATA UANG YANG TAK TERPISAHKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>