16 Oktober 2014 – Ditentukan Untuk Hidup

Baca: Efesus 1:3-14
“Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya.” (Efesus 1:5)

Kata Memilih dalam bahasa aslinya itu, eklegomai {ek-leg’-om-ahee}. Mempunyai tiga pengertian. Pertama, Tuhan memilih untuk Diri-Nya sendiri. Kedua, Tuhan memilih untuk dipisahkan. Tiga, memilih diantara yang lain. Sudah sejak dahulu, sejak jaman sejarah gereja pada abad sebelum kita hidup, banyak orang sudah mempersoalkan pertanyaan Alkitab mengenai pemilihan dan penentuan Tuhan bagi mereka yang selamat. Dalam ayat-ayat tersebut terdapat dua kalimat yang menjadi polemik hebat di sepanjang sejarah gereja dan pergumulan teologi, dua kata itu adalah memilih dan menentukan; Allah memilih dan menentukan orang yang menerima anugerah untuk diselamatkan. Dengan dua kata tersebut, disimpulkan oleh sebagian orang Kristen bahwa Allah telah memilih dan menentukan sejak semula orang-orang yang diselamatkan dan yang tidak, seolah-olah seperti itu.
Tetapi sebenarnya tidak seperti itu, bagaimana pun, jika kita teliti dalam Alkitab, kisah-kisah dipanggilnya orang-orang untuk di pakai Tuhan ada yang mau, tetapi ada juga yang menolak panggilan Tuhan. Alkitab menunjukkan bahwa respons manusia dalam menanggapi anugerah keselamatan juga turut berperan. Tuhan yang memilih dan menentukan dan pihak manusia yang memberi respons terhadap pemilihan dan penentuan tersebut.
Tuhan bisa saja merancang orang untuk di selamatkan, tetapi Tuhan tidak mungkin merancang seseorang untuk binasa, sebab jelas sekali firman Tuhan menyatakan bahwa Ia tidak menghendaki seorang pun binasa (2 Petrus 3:9). Mari bersyukur atas kasih Tuhan yang menghendaki kita memperoleh hidup kekal. SP

HAKEKAT TUHAN YANG KASIH TIDAK MUNGKIN MERANCANG SESEORANG BINASA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>