Anda Tidak Memegang Kendali

grass-930x300

Todo Barr (Marketing,RET HAT)

Sebab kekayaan dan kemuliaan berasal dari pada-Mu dan Engkaulah yang berkuasa atas segala-galanya; dalam tangan-Mulah kekuatan dan kejayaan; dalam tangan-Mulah kuasa membesarkan dan mengokohkan segala-galanya. 

I Tawarikh 29:12

Ada orang yang duduk dalam ruangan kecil di sebelah saya yang selalu datang dan mengganggu saya. Sebenarnya, jenis orang yang sama ini sudah berada di ruangan di sebelah saya dalam semua pekerjaan yang pernah saya lakukan. Mungkin ada seorang yang duduk di sebelah anda juga.

Anda tahu orang yang saya maksudkan,  ia adalah orang yang datang ke sudut, bersandar dan berkata, “Sudahkah kamu dengar tentang Jones? Ia baru saja mendapat promosi. Aku sudah di sini tiga tahun, dan aku belum mendapat promosi. Ada apa sebenarnya?”

Atau kadang-kadang , ia berkata, ”Hei,apakah kamu tidak melihat bagian SDM baru saja memasang lowongan pekerjaan direktur baru? Aku tahu aku tidak punya pengalaman dalam bidang tersebut, tetapi aku tidak akan maju dalam pekerjaan ini. Apakah aku harus melamar posisi ini?”

Atau, pada hari-hari buruk tertentu, ia menyerobot masuk dan berkata, “Aku benci tempat ini. Aku sudah berjuang mati-matian untuk perusahaan ini dan aku tidak di hargai. Anda tahu, aku baru saja melihat pekerjaan yang hebat ini yang di iklankan di monster.com. Mungkin aku harus melamar.” Anda kenal orang ini, bukan? Saya kenal dia dengan baik… sebenarnya, kadang-kadang sayalah orang itu.

Hidup dengan cara ini sama dengan naik roller coaster. Pasti, ada saat-saat ketika anda mendapat promosi atau peluang, tetapi sebagian besar waktu anda di habiskan dalam ketakutan dan ketidak pastian tentang apakah karier anda berjalan seperti yang anda rencanakan atau tidak. Anda dikuasai pikiran seperti, apakah aku dibayar cukup? Apakah aku naik cukup cepat? Apakah aku harus mencari pekerjaan lain? Mengapa ia mendapat promosi sementara aku tidak? Dan setiap kali anda pada titik yang sangat rendah, Monster.com menjadi tempat penuh pengharapan.

Kabar baiknya adalah bahwa anda tidak perlu demikian. Hidup dalam ketakutan bukanlah hidup yang Tuhan inginkan bagi hidup anda. Saya mendapat penghiburan besar dan kebebasan saat menyadari bahwa walaupun saya tidak memegang kendali, selalu ada Tuhan yang penuh kasih dan perhatian yang memegang kendali.

Dalam I Tawarikh 29:12, Daud berkata, “Sebab kekayaan dan kemuliaan berasal dari pada-Mu dan Engkaulah yang berkuasa atas segala-galanya; dalam tangan-Mulah kekuatan dan kejayaan; dalam tangan-Mulah kuasa membesarkan dan mengukuhkan segala-galanya.”

Frase utama di mana saya memperoleh penghiburan di dalam ayat ini adalah ”Engkaulah yang berkuasa atas segala-galanya” dan “dalam tangan-Mulah kuasa membesarkan dan mengukuhkan segala-galanya.” Bukan terserah kepada saya apakah saya di promosikan atau tidak; semua terserah kepada Tuhan.

Saat saya mengingat bahwa Dialah yang memegang kendali, saya bebas untuk memusatkan perhatian pada apa yang Ia sedang usahakan untuk ajarkan kepada saya sekarang, dalam posisi saya yang sekarang, dan terbuka terhadap pimpinan-Nya saat ia membersihkan peluang baru.

Pokok  Renungan

Ada Kebebasan dalam Mengethui Bahwa Tuhan Memang Memegang Kendali atas Karier kita

PERTANYAAN UNTUK DIRENUNGKAN

1. Apakah anda selalu  sibuk memperhatikan promosi berikutnya atau peluang pekerjaan berikutnya? Apakah bahayanya menjalani hidup dengan cara ini?

2. Bagaimanakah anda dapat menyerahkan kendali dan berpegang pada kebebasan Tuhan untuk mengatasi ambisi yang tidak sehat?

3. Jika Tuhan sendiri mempunyai kemampuan untuk meninggikan dan memberikan kekuatan kepada semua orang,  semua faktor yang kita kira menentukan mereka yang  ditinggikan menjadi tidak berarti. Faktor apa sajakah yang berarti?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>