11 November 2014 – Pusatnya Adalah Akar

Baca: Filipi 4:2-9
“Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.” (Filipi 4:8)

Seseorang berkata, semakin kita menuntut lingkungan sekitar kita sesuai dengan apa yang kita mau, semakin membuat kita frustasi. Menuntut pasangan kita berubah. Menuntut teman dan rekan kita sesuai dengan kehendak kita. Hal-hal yang demikian akan sulit untuk dilakukan. Tetapi akan mungkin terjadi, jika kita memulainya dengan berubah diri sendiri. Tentu hal ini dapat kita mulai dengan berubah cara berpikir kita. Penulis buku Promod Batra, MBA, dalam bukunya Born To Win, menulis, “Jaga pikiran Anda, mereka menjadi kata-kata Anda. Jaga kata-kata Anda, mereka menjadi tindakan Anda. Jaga tindakan Anda, mereka menjadi kebiasaan Anda. Jaga kebiasaan Anda, mereka menjadi sifat Anda.”
Jika digambarkan, mungkin dapat kita ilustrasikan dengan sebuah pohon yang memiliki akar, batang, cabang, ranting, daun dan buah. Jika benih ditaburkan di tanah yang baik, akan menghasilkan akar yang baik. Akar tersebut akan menyerap sari-sari makanan dengan maksimal yang akan membantu proses pertumbuhan bagian-bagian pohon tersebut. Dan tentu, pada akhirnya akan menghasilkan buah-buah yang baik dan berlipat ganda. Akar yang baik itu adalah pikiran yang diterangi oleh kebenaran firman Tuhan. Seperti pesan firman Tuhan hari ini, kita diingatkan dan dinasehati untuk mengisi pikiran-pikiran kita dengan hal-hal yang baik. Pikiran yang memuliakan nama Tuhan.
Siap untuk berubah? Mari penuhi akar pikiran-pikiran kita dengan terang firman Tuhan. Maka, kita pun akan menghasilkan buah-buah dari firman Tuhan, yaitu buah Roh. SP

FIRMAN TUHAN SANGGUP MENGUBAH SETIAP ORANG YANG RINDU BERUBAH MENJADI MANUSIA BARU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>