16 November 2014 – Menjadi Kristen Sejati

Baca: Galatia 6:1-10
“Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.” (Galatia 6:7)

Seorang penulis buku, pengajar dan juga gembala jemaat, Erastus Sabdono pernah berkata, menerima status sebagai orang “Kristen” adalah anugerah semata-mata. Tetapi, anugerah kehidupan dan keselamatan dari Allah harus dipertanggungjawabkan kepada Allah yang memberikan anugerah itu. Salah satu tanggung jawab bagi orang percaya adalah merespons dalam merubah karakter, yaitu merubah karakter sesuai dengan firman Tuhan. Anugerah sudah tersedia, bahkan sudah diterima oleh orang-orang yang percaya kepada Tuhan. Jika kehidupan seseorang tidak menunjukkan sebuah perubahan, hal itu menunjukkan bahwa orang tersebut tidak sungguh-sungguh merespons panggilan keselamatan dari Tuhan. Menjadi serupa dengan Kristus, merupakan sebuah perjuangan untuk membuang kebiasaan lama yang berhubungan dengan dosa. Karena dosa menghambat hubungan kita dengan Tuhan. Jika kita tidak berusaha meninggalkan dosa, tentu hidup kita tidak akan berubah.
Kita semua tahu, bahwa merubah karakter adalah pekerjaan Tuhan melalui firman-Nya dan Roh Kudus. Tetapi, jika kita tidak merespons, maka firman itu tidak akan merubah hidup kita. Hari ini kita kembali diingatkan dengan keras oleh kebenaran firman Tuhan, bahwa Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Orang akan menuai apa yang ditabur. Orang yang menabur dalam daging akan menuai kebinasaan. (Galatia 6:7-8).
Orang yang percaya Kristus sungguh-sungguh, adalah mereka yang menunjukkan perubahan dalam hidupnya. Mari kita sungguh-sungguh dalam mengikut Yesus, supaya kita menjadi manusia baru, yaitu seorang Kristen yang sejati. SP

ANUGERAH KESELAMATAN MEMANG CUMA-CUMA, NAMUN MENUNTUT RESPONS YANG SUNGUH-SUNGUH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>