26 November 2014 – Sukacita Kristus

Baca: II Korintus 8:1-15
“Selagi dicobai dengan berat dalam pelbagai penderitaan, sukacita mereka meluap dan meskipun mereka sangat miskin, namun mereka kaya dalam kemurahan.” (II Korintus 8:2)

Di Afrika terdapat buah bernama Taste Berry. Ketika buah itu di makan, rasa manisnya akan melekat lama dimulut. Jika kita makan buah yang masam sekalipun, lidah akan tetap merasakan manis. Sukacita yang sejati seperti memakan buah Taste Berry. Sehingga pengalaman pahit sekalipun akan tetap merasakan manisnya hidup. Pada umumnya orang bersukacita karena ada sesuatu yang menyenangkan sedang terjadi. Tetapi jika keadaan berubah tidak menyenangkan, sukacitanya pun juga turut hilang. Jika kita belajar, menjadi senang atau sedih adalah sebuah pilihan. Tidak semua orang kehilangan sukacita, meskipun dalam kesulitan.
Kepada jemaat di Korintus, Paulus berkata bahwa jemaat di Makedonia tetap bersukacita, meskipun dalam penderitaan. “Selagi dicobai dengan berat dalam pelbagai penderitaan, sukacita mereka meluap dan meskipun mereka sangat miskin, namun mereka kaya dalam kemurahan.” (II Korintus 8:2). Sukacita jemaat Makedonia, tidak dipengaruhi oleh hal-hal yang ada di luar mereka, tetapi sumber sukacita mereka terdapat di dalam hati. Keyakinan akan iman dalam Tuhan, telah membuat mereka tegar dalam menghadapi penderitaan.
Banyak orang mencoba untuk memperoleh sukacita dengan berbagai cara. Membeli barang kesukaan. Mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya. Menikmati pemandangan diluar negeri. Tetapi, tidak jarang, mereka pun tetap tidak merasakan sukacita. Berbeda dengan kita yang telah percaya kepada Kristus, sukacita kita berada di dalam hati. Roh Kudus yang menjadi sumber sukacita kita. Oleh karena itu, pilihlah untuk bersukacita, sekalipun dalam tekanan. Kiranya Roh-Nya menolong Anda. SP

YESUS ADALAH SUMBER SUKACITA, MASALAH DAN TEKANAN HIDUP TIDAK DAPAT MENGUSIR SUKACITA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>