01 Desember 2014 – Perlindungan

Baca: Yosua 20:1-9
“Tetapi aku, aku suka dekat pada Allah; aku menaruh tempat perlindunganku pada Tuhan Allah, supaya dapat menceritakan segala pekerjaanNya.” (Mazmur 37:28)

Setiap negara memiliki badan hukum bagi orang yang melakukan tindakkan “kejahatan” yang melanggar hak asasi manusia. Ada payung hukum yang menjamin perlindungan para pelaku “kejahatan” menurut undang-undang yang berlaku. Entah itu hukuman kurungan penjara, bahkan ada juga yang menerapkan hukuman mati, sesuai dengan tingkat kejahatan yang dilakukan.
Dalam kitab Yosua yang kita baca, Tuhan berfirman kepada Yosua untuk mengatakan kepada orang Israel untuk menentukan kota-kota perlindungan bagi orang yang melakukan pembunuhan secara tidak sengaja, serta mendapatkan perlindungan dalam kota tersebut dari orang-orang yang ingin membalaskan dendamnya. Ayat 4 mengatakan: Apabila ia melarikan diri ke salah satu kota tadi, maka haruslah ia tinggal berdiri di depan pintu gerbang kota dan memberitahukan perkaranya kepada para tua-tua kota. Mereka harus menerima dia dalam kota itu dan memberikan tempat kepadanya, dan ia akan diam pada mereka. Ada sebuah kota yang menjadi perlindungan bagi yang berbuat salah, sehingga orang lain yang ingin membalas dendam tidak bisa main hakim sendiri.
Perlindungan bagi orang yang melakukan kesalahan pada pembacaan kita tadi adalah sebuah kota yang telah di tetapkan melalui perantara Musa yang di sampaikan oleh Yosua kepada orang Israel. Pada zaman sekarang perlindungan kita bukan sebuah kota, atau payung hukum secara undang-undang saja. Tetapi perlindungan kita yang sejati adalah Tuhan Yesus Kristus, karena Ia memberikan perlindungan-Nya kepada siapapun yang menaruh iman dan percaya kepada-Nya. Tuhanlah perlindunganku, Imanuel: Allah beserta kita. DN

SIKAP ADALAH HAL KECIL YANG MAMPU MENYEBABKAN PERUBAHAN BESAR (Winston Churchill)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>