24 Desember 2014 – Di bungkus Dengan Lampin

Baca: Lukas 2:1-7
“Dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan di baringkannya dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.” (Lukas 2:7)

Mengapa Yesus lahir di kandang dan bukan di istana? Jawabannya ialah secara teologis tidak lain untuk memberikan contoh kerendahan hati dan pengorbanan-Nya. Saat di ketahui penginapan penuh mereka mencari tempat lain lain untuk tinggal sementara waktu. Logisnya mereka tidak mendapatkan tempat yang layak sebelum tiba waktu Maria bersalin.
Lukas berkata, “karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.” (ayat 7b) Ironisnya untuk memperoleh tempat yang layak saja sudah tidak ada, ditambah lagi mereka tidak mempunyai uang yang banyak untuk menyewa tempat yang bagus. Maka tidak ada pilihan lain hanya sebuah kandang yang mereka dapatkan. Tibalah Maria untuk bersalin dan Yesus pun lahir dengan di bungkus kain lampin. Kata lampin di terjemahkan dari bahasa Ibrani “chathullah” dan kata Yunani “spargana atau sparganon”. Membungkus bayi dengan lampin sudah menjadi kebiasaaan orang-orang Timur Tengah. Demikian juga kelahiran Yesus memang benar-benar di tandai dengan lampin yang membungkus tubuhnya. Pemakaian lampin pada bayi Yesus mempunyai arti bahwa Yesus benar-benar menjelma menjadi manusia. Dia yang tidak terbatas telah membatasi diri-Nya dan bergantung kepada manusia, Yusuf dan Maria, orang tua jasmani-Nya. Inilah wujud dari kerendahan hati dan empati Yesus Kristus kepada manusia yang penuh kelemahan agar misi Bapa-Nya di genapi.
Mari, jadikan Natal sebagai perenungan, mengingat dimana Yesus mengasihi manusia dengan kesederhanaan dan kerendahan hati. Apakah makna Natal bagi diri Anda? YN

KRISTUS LAHIR MENINGGALKAN KEMULIAAN-NYA MENJADI MANUSIA BERBUNGKUSKAN KAIN LAMPIN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>