25 Desember 2014 – Gembala Mewartakan Natal

Baca: Lukas 2:8-20
“Setelah malaikat-malaikat itu meninggalkan mereka dan kembali ke sorga, gembala-gembala itu berkata seorang kepada yang lain: Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita.” (Lukas 2:15)

Sejarah kehidupan umat Israel menunjukan bahwa ber-profesi sebagai gembala kambing domba merupakan pekerjaan mulia dan terhormat. Habel adalah orang pertama berprofesi sebagai gembala, kemudian Abraham, Ishak, Yakub, Musa dan Daud. Tetapi memasuki abad Masehi, pekerjaan sebagai gembala dianggap rendah dan hina dan dianggap pekerjaan kelas bawah.
Terlepas dari predikat diatas, Alkitab memberikan kesaksian mengenai gembala-gembala di padang menerima kabar sukacita mengenai kelahiran Yesus Kristus. Para gembala-gembala itu bergegas, segera menuju ke Betlehem untuk melihat bayi Yesus yang telah lahir. Di dalam Lukas 2:16 dikatakan, “ Lalu mereka cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang terbaring di dalam palungan.” Kata cepat-cepat di sini diartikan bahwa mereka pergi tergesa-gesa atau tergopoh-gopoh. Ini bukan kebiasaan para gembala pada umumnya karena pekerjaan sebagai gembala mengiring kambing domba dilakukan dengan santai dan penuh kehati-hatian. Hal yang penting yang dilakukan para gembala itu adalah bergegas dengan tidak menunda waktu pergi ke Betlehem untuk melihat sang Juruselamat yang telah lahir sekalipun mereka harus meninggalkan kawanan kambing dombanya. Kemudian gembala-gembala ini pergi memberitakan kabar baik dan sukacita ini kepada yang lain atas apa yang telah mereka terima dan mereka lihat.
Berapa banyak di antara kita menikmati kesibukan pekerjaan sehingga menunda dan tidak menanggapi kehadiran Juruselamat? Mari bergegas mewartakan Natal kepada sesama.YN

JANGAN PERNAH MENUNDA MEWARTAKAN KABAR SUKACITA HARI INI-DIA LAHIR UNTUK ANDA!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>