11 Januari 2015 – Sida Pencari Tuhan

Baca: Kisah Para Rasul 8:26-40
“Lalu berangkatlah Filipus, Adalah seorang Etiopia, seorang sida-sida, pembesar dan kepala perbendaharaan Sri Kandake, ratu negeri Etiopia, yang pergi ke Yerusalem untuk beribadah.”(Kisah Para Rasul 8:27)

Sida-sida atau orang kasim dalam bahasa Inggris disebut “eunuch”, dari bahasa Yunani “eune” yang berarti “tempat tidur”, dan “eikhein” yang berarti “menjaga” jadi arti kata ini menjaga tempat tidur. Selain itu mereka juga bertugas merapikan tempat tidur, menggunting rambut dan membuang kotoran raja. Mereka menunjuk kepada laki-laki yang di kebiri untuk menjadi pelayan di di istana. Bahkan mereka dapat memegang jabatan tinggi lainnya .
Sida-sida dari Etiopia dalam Kisah para rasul 8 ini memiliki jabatan penting sebagai kepala perbendaharaan ratu Etiopia, yaitu Sri Kandake. Di kerajaan Etiopia atau sering di sebut Kush dalam PL, pada periode Maroe di abad 3 SM – 2M. Maroe adalah nama kota kuno ibukota Kerajaan Etiopia(Kush). Empat Ratu yang memerintah Maroe bernama: Amanerinas, Amanishakhete, Nawidemak, dan Malegereabar, mereka memakai gelar Kandake seperti gelar Firaun bagi raja-raja Mesir. Sida-sida ini melakukan perjalanan untuk beribadah ke Yerusalem yang melelahkan, mengingat jarak tempuh diperkirakan 1600 mil atau sekitar 2560 km, menghabiskan waktu berminggu-minggu tetapi ia memiliki kerinduan untuk mempelajari firman Tuhan. Allah berkenan atas sida-sida ini dan mengutus Filipus untuk menjelaskan kitab nabi Yesaya dan ia menemukan kebenaran yang sesungguhnya. Tuhan menyelamatkan sida-sida Etiopia. Dan ia memberi diri di baptis dan ia pun pulang dengan sukacita. Akhir pencarian yang luar biasa!
Apakah Anda salah satu orang yang dalam pencarian akan Tuhan? Carilah Tuhan selama Ia berkenan ditemui! YN

BANYAK ORANG INGIN MENEMUKAN TUHAN, KARENANYA GIGIHLAH SEPERTI SIDA-SIDA ETIOPIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>