15 Januari 2015 – Tegoran

Baca: I Raja-raja 1:1-27
“Selama hidup Adonia ayahnya belum pernah menegor dia dengan ucapan: “Mengapa engkau berbuat begitu?” Iapun sangat elok perawakannya dan dia adalah anak pertama sesudah Absalom.” (1 Raja-raja 1:6)

Pernahkah Anda mendapat teguran? Tentu, kita semua pernah mendapatkan teguran, karena setiap kita tidak lepas dari kesalahan. Namun, respons dari kebanyakan orang ketika menerima teguran langsung menolak dan berusaha membuktikan dirinya benar. Lebih parah lagi, ada yang malah tidak segan-segan bertindak agresif dengan kemarahan. Padahal kita bisa memberi respons yang lebih baik yaitu dengan berdiam diri dan merenung. Ketika masih remaja, orang tua saya tidak segan-segan memukul dengan rotan jika saya tidak betul-betul merespons teguran dengan baik. Ketika dewasa saya menyadari betapa pentingnya teguran-teguran, karena melalui teguran kita mengetahui apa yang salah.
Kisah Adonia merupakan sebuah contoh bagi kita, bahwa teguran merupakan hal yang penting. Alkitab berkata bahwa selama hidup Adonia, Daud tidak pernah menegurnya (1 Raja-raja 1:6). Ini menunjukkan bahwa Adonia selama hidupnya bebas melakukan apa saja tanpa harus ada yang melarang. Justru sikapnya tersebut telah menjerumuskannya kepada hal-hal yang tidak baik. Mencoba mengkudeta Daud dan mengangkat dirinya menjadi raja. Dan pada puncaknya ia memohon kepada Salomo agar Abisag, gadis perawat Daud di mintanya. Ternyata hal itu tidak berkenan bagi Salomo (1 Raja-raja 2:17). Adonia begitu ambisius, ingin mendapatkan segala sesuatu yang ia ingini.
Melalui kisah Adonia, mari kita menyadari betapa kita tidaklah sempurna. Justru beruntunglah kita jika ada orang-orang yang mau menegur kita sehingga mencegah kita melakukan kesalahan yang berkepanjangan. SP

ORANG YANG MELAWAN TEGURAN AKAN DIREMUKKAN TANPA DAPAT DIPULIHKAN (Amsal 29:1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>