05 Februari 2015 – Harapan Dan Semangat

Baca: Kejadian 45:1-28
“Tetapi ketika mereka menyampaikan kepadanya segala perkataan yang diucapkan Yusuf, dan ketika dilihatnya kereta yang dikirim oleh Yusuf untuk menjemputnya, maka bangkitlah kembali semangat Yakub, ayah mereka itu.” (Kejadian 45:27)

Beberapa bulan ini, kami sedang bergumul dengan salah seorang anak remaja yang berjemaat di gereja kami. Sejak dua bulan yang lalu, ia harus terbaring di rumah sakit, karena tumor otak yang dideritanya. Menurut salah seorang dokter ahli saraf, dua bulan yang lalu ia memprediksi bahwa anak ini hanya akan dapat bertahan hidup beberapa hari saja, pasalnya tumor otak yang sedang dideritanya termasuk ganas. Sejak renungan ini di tulis, ia dapat bertahan hingga lebih dari dua bulan lamanya. Beberapa dokter, mengatakan hal ini terjadi karena semangat hidupnya yang membuatnya bertahan hingga saat ini. Dengan keterbatasan respons anak ini, ketika ia berkomunikasi dengan saya, semangat bertahan hidup didasarkan kepada pengharapan bahwa ia percaya di dalam Yesus.
Ya, harapan itu membuat kita bersemangat menjalani hidup ini. Seperti halnya Yakub, sejak kepergian Yusuf, ia tidak lagi bersemangat menjalani hidupnya, bahkan ia ingin mati. Tetapi, ketika ia mendengar bahwa Yusuf masih hidup, Alkitab berkata Yakub kembali lagi bersemangat, karena harapannya ingin bertemu Yusuf yang telah terpisah bertahun-tahun lamanya.
Hal ini pun juga dialami oleh Victor Frankl, seorang Psikolog Austria keturunan Yahudi. Pengalamannya ketika di tahan oleh Nazi bersama-sama orang Yahudi. Bagaimana ia dapat bertahan hidup, sementara tahanan lainnya memilih untuk mati. Pengharapanlah yang membuatnya dapat hidup dari kejamnya penjara Nazi pada waktu itu. Apakah Anda kehilangan semangat? Lihatlah sebuah pengharapan yang sedang menanti Anda. SP

HARAPAN DAN SEMANGAT ADALAH DUA HAL YANG TIDAK DAPAT DIPISAHKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>