07 Februari 2015 – Punya Pendirian

Baca: Daniel 3:1-30
“Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari tanganmu, ya raja; tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu.” (Daniel 3:17-18)

Daniel adalah seorang Ibrani yang di tawan serta dididik di istana Babel. Seumur hidupnya, apa pun akibatnya, ia berani menolak untuk berpaling dari kehidupan yang benar dan kebaktian kepada Allah yang setia. Ia di hormati oleh banyak raja dan memegang beberapa jabatan penting dalam kerajaan Babel dan persia.
Dalam bacaan kitab Daniel 3:1-30, kita belajar bagaimana kehidupan dan sikap Daniel dan teman-temannya orang Ibrani itu dalam mempertahankan Iman percaya mereka kepada Tuhan. mereka memiliki pendirian dalam mengikut Tuhan, sekalipun nyawa mereka yang menjadi taruhannya. Dengan iman mereka berani berkata: “Jika Allah kami sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami. Tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahuinya bahwa kami tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu”. orang yang memiliki pendirian dalam Tuhan, pasti akan diperhitungkan oleh Tuhan.
Tantangan dan persoalan hidup pasti ada. Dalam situasi yang berat, yang seolah-olah tidak ada jalan keluar, bagaimana iman kita terhadap Tuhan? Masihkah kita percaya penuh kepada Tuhan? Dan dapatkah kita berkata seperti Daniel dan teman-teman: Sekalipun Tuhan tidak menolong Anda, hal itu tidak menggoyahkan iman percaya Anda kepada Tuhan. Tetap memegang perinsip dan punya pendirian yang teguh dalam Tuhan. DN

SIAPA BERPEGANG PADA PERINTAH, MEMELIHARA NYAWANYA (Amsal 19:16)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>