08 Februari 2015 – Yustinus Martir Iman

Baca: I Petrus 3:13-17
“Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.” (II Timotius 4:7)

Yustinus Martir adalah bapa gereja mula-mula. Yustinus Martir(100-165M) lahir di tanah Israel. Orang tuanya bukan Yahudi , mereka orang Yunani. Ia beruntung dan mendapat kesempatan belajar filsafat di Efesus. Pada masa mudanya ia menyaksikan banyak sekali penganiayaan terhadap orang Kristen dalam hal kesetiaan mempertahankan iman mereka.
Seorang Kristen yang lanjut usia dengan kewibawaan dan kerendahan hati menjelaskan tentang nubuatan para nabi dan menjelaskan bahwa Yesus adalah penyataan Allah sesungguhnya. Inilah yang sekaligus menjadi titik balik kehidupan Yustinus dan akhirnya ia bertobat. Yustinur menunjukkan semangat yang luar biasa dalam penyebaran agama Kristen. Ia melakukan banyak perjalanan sebagai seorang filsuf dengan tujuan memenangkan jiwa bagi Kristus. Ia menggunakan setiap kesempatan untuk mengajarkan tentang iman Kristen secara terang-terangan ia tidak peduli walau harus menderita. Bukan hanya itu saja, Ia menulis surat pembelaan kepada kaisar Roma ia berkata, “Meski kami orang Kristen dibunuh dengan pedang, disalibkam atau di buang ke moncong-moncong binatang buas, atau pun disiksa dengan api, kami tidak akan murtad dari iman kami. Sebaliknya semakin hebat penyiksaan, semakin banyak orang yang bertobat dan menjadi saleh demi nama Yesus.” Yustinus bangga menjadi orang Kristen yang saleh dan ia bertekad membesarkan kekristenan sampai mati. Ia pun di tangkap bersama martir lainnya, setelah banyak disesah, kepalanya dipenggal. Namun Yustinus mati sebagai martir Iman.
Terkadang orang Kristen terlena dengan kehidupan zona nyaman sehingga lupa, ia harus mempertahankan dan membela iman Kristen. Apakah Anda siap mempertahankan Iman Anda? YN

HIDUP ADALAH KRISTUS DAN MATI DENGAN MEMPERTAHANKAN IMAN ADALAH KEUNTUNGAN!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>