20 Februari 2015 – Belajar Kepada Tuhan

Baca: Matius 11:25-30
“Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.” (Matius 11:29).

Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat dan keadaan makluk hidup, baik tumbuhan, hewan maupun manusia. Antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia, yaitu tentang asal-usul, bentuk fisik, adat istiadat dan kepercayaan pada masa lampau. Sosiologi adalah ilmu tentang struktur sosial, proses sosial dan mempelajari tentang sifat, perilaku serta perkembangan masyarakat. Teologi adalah ilmu yang mempelajari tentang Tuhan Allah. Belajar tentang Tuhan, akan menjadikan kita mengerti siapa Tuhan. Sedangkan belajar kepada Tuhan akan membawa kita hidup seperti Tuhan.
Bagaimana caranya supaya kita dapat hidup seperti Tuhan Yesus? Untuk dapat hidup seperti Tuhan Yesus, kita harus belajar kepada Tuhan Yesus. Belajar kepada Tuhan Yesus berarti belajar hidup lemah lembut yaitu menundukkan diri, menurut, tanpa pembelaan dan tanpa perlawanan sedikit pun. Belajar kepada Tuhan Yesus berarti belajar hidup rendah hati yaitu tidak sombong dan tidak menghargai diri sendiri secara berlebihan. Ketika Tuhan Yesus membasuh kaki murid-murid-Nya, Dia memberi pelajaran yang penting mengenai hidup yang rendah hati. Tuhan Yesus menekankan hidup rendah hati yang benar-benar dari dalam batin. Bukan sekedar tindakan lahiriah supaya dinilai orang rendah hati. Orang yang rendah hati tidak malu bergaul dengan orang yang status sosialnya rendah, sebab yang penting dapat melayani dan menjadi berkat bagi orang lain.
Sahabat Gandoem Mas, marilah kita belajar kepada Tuhan Yesus yaitu hidup lemah lembut dan rendah hati. Dengan demikian jiwa kita akan mendapat ketenangan dan kelegaan, Amin. DS

BELAJAR KEPADA TUHAN AKAN MENJADIKAN KITA SEPERTI TUHAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>