24 Februari 2015 – Duri Dalam Daging

Baca: II Korintus 12:1-10
“Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan-penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri.” (II Korintus 12:7)

Dalam suratnya kepada jemaat di Korintus, Rasul Paulus menuliskan penglihatan yang diterimanya tentang surga sekaligus duri di dalam dagingnya. Paulus menunjukkan pentingnya kaitan di antara keduanya dalam pelayanan seorang hamba Tuhan untuk menjaga integritas dirinya dan mencapai keberhasilan sejati. Bagaimana kita dapat menerima keberadaan duri tersebut dan menjalani hidup dengan bersandar pada kasih karunia Allah yang mencukupkan kita setiap harinya? Seperti halnya Tuhan mengijinkan iblis untuk menguji Ayub dan Petrus, Dia pun mengijinkan iblis menyerang Paulus.
Tuhan menginginkan Paulus tetap rendah hati setelah mengalami lawatan kesurga. Dalam kehendak Tuhan yang penuh kasih, penderitaan memiliki tujuan yang tidak mungkin tercapai melalui cara lain. Ketika kita mencoba melawannya, hal itu justru akan menjadi beban berat. Seperti Tuhan kita di Getsemani, Paulus berdoa tiga kali agar Tuhan membebaskan nya, tetapi Tuhan tidak menjawab doa itu seperti keinginan Paulus. Akan tetapi Tuhan memenuhi kebutuhannya dan memberi hamba-Nya anugerah yang diperlukannya. Paulus bukan sekadar memanfaatkan hal itu sebaik mungkin ia memanfaatkannya sebanyak mungkin! Anugerah dapat melakukannya bagi Anda.
Paulus lebih mencemaskan dosa orang-orang dari pada masalah tubuhnya sendiri. Seperti Bapa yang penuh kasih, ia ingin pergi ke Korintus dan menikmati persekutuan dengan anak anak yang dikasihinya, tetapi mereka memaksanya mendisiplinkan mereka. Meski begitu, disiplin pun suatu bukti dari kasih. TL

TAKARLAH SESEORANG BERDASARKAN PENDERITAANNYA DARIPADA KEBERHASILANNYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>