26 Februari 2015 – Anak-anak Terang

Baca: Efesus 5:1-13
“Memang dahulu kamu adalah kegelapan, tetapi sekarang kamu adalah terang di dalam Tuhan. Sebab itu hiduplah sebagai anak-anak terang.” (Efesus 5:8)

Harapan orang tua biasanya dinyatakan pada nama anak, misalnya berharap anak mereka selalu beruntung, maka diberi nama Untung. Berharap anak mereka kalau pergi atau pulang selamat, maka diberi nama Slamet. Berharap anak mereka kaya uang, maka diberi nama Sugiharto (bahasa Jawa sugih artinya kaya, dan arto artinya uang). Berharap punya anak yang membuka salon khusus potong poni, maka diberi nama Poniman. Berharap punya anak yang manis, maka diberi nama Legiman, (legi artinya manis dalam bahasa Jawa). Allah Bapa berharap kita anak-anak-Nya menjadi terang, maka kita diberi nama anak-anak terang. Apa maksudnya anak-anak terang itu?
Anak-anak terang adalah orang yang mengerti bahwa sejak percaya dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat telah diangkat menjadi anak-anak Allah. Jadi anak-anak terang adalah orang yang menghormati dan mentaati Allah. Apa tanda-tandanya menghormati dan mentati Allah? Tanda-tandanya adalah mengasihi Allah dan sesama, karena Tuhan memerintahkan agar kita hidup di dalam kasih, sebagaimana Kristus Yesus. Selanjutnya, mengucap syukur kepada Allah, dan meninggalkan segala perbuatan dan perkataan kotor, perkataan kosong dan yang tidak bermanfaat. Karena hal-hal demikian menunjukkan hidup yang sesuai dengan buah pertobatan yang dikenan oleh Tuhan.
Pembaca setia, harapan Bapa, bagi kita semua hidup sebagai anak-anak terang. Dengan mengasihi-Nya dan sesama, mengucap syukur, mengeluarkan buah pertobatan dan memperkenan hati Tuhan. Siap menjadi anak-anak terang? DS

ANAK-ANAK YANG KEKASIH AKAN HIDUP SEBAGAI ANAK-ANAK TERANG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>