03 Maret 2015 – Terdahulu Menjadi Terakhir

Baca: Markus 8:27-30
“Demikianlah orang yang terakhir akan menjadi terdahulu dan yang terdahulu akan menjadi yang terakhir.” (Matius 20:1-16)

Ada seorang pria yang sedang mengantre di statiun untuk membeli tiket kereta api. Saat berada pada antrean panjang dan menunggu terlalu lama, maka ia menjadi tidak sabar dan memilih keluar dari barisan karena sudah lelah, lapar dan dahaga. Setelah selesai makan dan minum ia pun kembali pada antrean di loket. Sayang sekali ia harus mengantre dari awal lagi sebab orang lain sudah mendahului dirinya. Jadi ia yang terdahulu menjadi terakhir.
Tuhan Yesus memakai perumpamaan tentang pekerja-pekerja di kebun anggur. Seorang pemilik kebun anggur merekrut para pekerja pada pukul 6 pagi, pukul 9 pagi, pukul 12 siang, pukul 3 sore, dan pukul 5 sore. Ketika tiba waktunya mereka menerima upah pada pukul 6 sore, ternyata hasil yang mereka terima semua sama. Orang-orang yang bekerja dari pagi memprotes tuannya, sebab mereka telah bekerja selama 12 jam, namun gajinya sama dengan orang yang masuk belakangan, bahkan dengan orang yang hanya bekerja selama 1 jam saja. Mereka menilai tuannya itu tidak adil. Namun, sesuai kesepakatan awal mereka, yakni 1 dinar sehari.
Jadi, jika ia bermurah hati kepada orang yang bekerja hanya 1 jam dengan memberinya upah 1 dinar, maka ia tidak bisa disalahkan. Tuhan Yesus menutup perumpamaan-Nya dengan ucapan, “Demikianlah orang yang terakhir akan menjadi yang terdahulu dan yang terdahulu akan menjadi yang terakhir.” Perumpamaan Tuhan Yesus ini tidak berbicara tentang keselamatan, tetapi tentang upah yang akan diterima oleh orang-orang percaya kelak.
Ucapan Tuhan Yesus menggambarkan orang-orang menyebut dirinya telah bekerja dengan bersusah payah, pada akhirnya mereka hanya menjadi terkemudian, dan sebaliknya. Tetapi Tuhanlah yang menguji hati. Bagaimana dengan Anda? YN

HAL KERAJAAN SORGA BUKAN AWAL TETAPI AKHIR BUKAN KEDUDUKAN TETAPI KERENDAHAN HATI ANDA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>