06 Maret 2015 – 10 Orang Kusta

10 Orang Kusta
Baca: Lukas 17:11-19
“Lalu Yesus berkata:” bukankah kesepuluh orang tadi semuanya telah menjadi tahir? Di manakah yang Sembilan orang itu? (Lukas 17:17 )

Pada zaman Israel sampai Yuhan Yesus, keberadaan orang kusta menjadi momok nagi masyarakat dan mereka kerap di kucilkan. Orang kusta menderita dari tiga sisi kehidupan. Secara fisik, penyakit kusta adalah penyakit kulit yang gatal dan menjalar keseluruh tubuh. Secara Psikologis, orang berpenyakit kusta harus dijauhkan dari lingkungan keluarga dan lingkungan dan harus hidup terasing dan secara Spiritual, pada saat itu orang menganggap sebagai kutuk dari Tuhan.
Kesepuluh orang kusta inilah yang pada saat itu datang meminta kesembuhan dari pada Tuhan. Dari 10 orang kusta itu adalah orang samaria. Mereka hanya bisa berteriak kepada Tuhan Yesus dari jarak jauh, sebab mereka tidak berani mendekat dan dikarenakan mereka tidak boleh berdekatan dengan orang yang tahir. Tuhan Yesus menanggapi mereka dengan berkata agar mereka pergi kepada imam-immam untuk menunjukkan bahwa mereka telah sembuh sehingga mereka dapat dikembalikan ditengah masyarakat. Dengan penuh iman mereka mempercayai perkataan Yesus dan ketika di tengah jalan, mereka sembuh. Satu dari mereka, seorang Samaria tadi kembali kepada Yesus untuk mengucap syukur kepada-Nya sedang kesembilan lainnya tidak kembali. Mereka tidak tahu artinya berterima kasih kepada Tuhan yang telah mentahirkan mereka dari kustanya.
Betapa luar biasanya 10 orang kusta yang memiliki iman yang besar. Ketika kita percaya dan taat pada perkataan Yesus, maka terjadi mujizat. Apakah Anda bersyukur atas mujizat-Nya? YN

IMAN ADALAH KUNCI MUJIZAT TUHAN DAN UCAPAN SYUKUR ADALAH RESPON ATAS MUJIZAT-NYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>