07 Maret 2015 – Perencanaan

Baca: Lukas 14:28-35
“Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu?” (Lukas 14:28)

Ada beberapa orang yang menggangap tidak penting membuat sebuah rencana dalam hidup ini. “Mengalir saja dalam hidup ini.” Begitu kira-kira yang seringkali mereka ungkapkan. Orang Kristen pun kadang-kadang juga berkata, “Mengalir saja menurut kehendak Tuhan.” Dengan perkataan yang sepertinya rohani inilah kadangkala orang percaya terjebak menjalani hidup ini tanpa sebuah perencanaan yang matang. Jika kita mempunyai tujuan hidup yang sungguh-sungguh, tentu kita akan membuat sebuah perencanaan. Bagaimana jika apa yang kita rencanakan itu kemudian gagal dan yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan? Kadangkala melalui kegagalan, kesalahan dan harapan yang berbeda dengan apa yang kita mau itulah, kemudian kita menemukan kehendak Tuhan.
Bagaimana pun merencanakan sebuah kehidupan adalah Alkitabiah. Perhatikan ilustrasi yang Tuhan ajarkan tentang sebuah perencanaan? “Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu?.. Atau, raja manakah yang kalau mau pergi berperang melawan raja lain tidak duduk dahulu untuk mempertimbangkan, apakah dengan sepuluh ribu orang ia sanggup menghadapi lawan yang mendatanginya dengan dua puluh ribu orang? “ (Lukas 14:2; 31).
Mulailah membuat sebuah perencanaan sebelum melakukan segala sesuatu, atau perencanaan hidup Anda dengan meminta hikmat Tuhan. SP

PERENCANAAN MEMBANTU KITA MENGUASAI DIRI UNTUK HIDUP TERTIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>