14 Maret 2015 – Jangan Berhenti Berkarya

Baca: Yosua 14:6-15
“Pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk.” (Yosua 14:11)

Pernakah Anda merasa puas akan hasil kerja yang telah Anda capai? Ternyata kepuasan itu adalah hal yang salah. Oliver Cromwell, pemimpin militer dan politikus Inggris mengatakan bahwa ketika Anda merasa Anda telah cukup baik dalam suatu hal, Anda sebenarnya hanya menghibur dan memuaskan diri Anda dengan mengatakan Anda telah mencoba dan berhenti untuk melakukan yang lebih baik. Jika kita belajar dari tokoh-tokoh Alkitab maupun dunia, maka kita akan mempunyai banyak teladan, bahwa usia lanjut tidak membuat mereka berhenti berkarya. Abraham tetap Tuhan pakai, meskipun usianya sudah mencapai 100 tahun, yaitu ketika Ishak lahir. Musa, ketika menginjak usia 80 tahun, Tuhan tetap memerintahkannya untuk menghadap Firaun. Beberapa contoh tokoh dunia lainnya, Michaelangelo, menyelesaikan karya seninya di gereja St. Peter’s pada usia 70 tahun, satu lagi Verdi, Hayden, dan Handel, menciptakan musik setelah usia 70 tahun.
Sebagian orang berpikir bahwa ketika usia sudah menginjak tua, orang sudah tidak dapat berkarya, tetapi contoh diatas mengingatkan kita bahwa Tuhan juga dapat berkarya melalui mereka-mereka yang tua. Seperti halnya Kaleb, ia pun juga masih dapat berperang, sekalipun usianya sudah mencapai 85 tahun. Bahkan semangatnya masih sama ketika ia masih usia 45 tahun.
Apa yang sudah Anda kerjakan? Kita boleh bangga dengan segala keberhasilan yang telah kita capai, tetapi kita tidak boleh berhenti berkarya bagi Tuhan, hanya karena kita telah selesai melakukan sesuatu. Siap berkarya lagi? SP

IA YANG BERHENTI MELAKUKAN LEBIH, MAKA BERHENTI MENJADI LEBIH BAIK. Oliver Cromwell

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>