19 Maret 2015 – Belajar Dari Matias

Baca: Kisah Para Rasul 1:15-26
“Lalu mereka membuang undi bagi kedua orang itu dan yang kena undi adalah Matias dan dengan demikian ia ditambahkan kepada bilangan kesebelas rasul itu.” (Kisah Para Rasul 1:26).

Seorang pendeta yang juga penyuka hewan pernah menyaksikan bahwa perkataan “merpati tak pernah ingkari janji” tidak selalu benar. Dalam kesaksiannya sang pendeta mengatakan jika ia pernah memperhatikan sepasang merpati. Dalam pengamatannya, setelah induk merpati miliknya bertelor, kemudian menetas dan menjadi anak merpati yang cacat, induknya tidak lagi mau mendekat. Singkat cerita burung merpati yang jantan hari pertama hanya melihat dari pohon keadaan anaknya tersebut, hari kedua ia melihat dari pohon yang agak jauh dan seterusnya, sampai akhirnya burung merpati jantan itu tidak kembali lagi.
Matias adalah salah seorang dari lima ribu orang yang menyaksikan kebangkitan Tuhan Yesus dari kematian (1Korintus 15:6). Matias adalah orang yang selalu mengikuti pelayanan Tuhan Yesus dan murid yang lain, itu sebabnya ia dapat menyaksikan kebangkitan Tuhan Yesus. Matias juga tergolong dalam tujuh puluh murid Tuhan. Hal tersebut terlihat dari kriteria yang Petrus berikan pada saat dia mengajukan untuk memilih rasul Tuhan menggantikan posisi Yudas yang mengkhianati Yesus.
Dari sekian banyak orang yang mengikuti pelayanan Tuhan Yesus, seberapa banyak orang yang tetap setia mengikuti-Nya sampai akhir?. Dari dua belas murid Tuhan Yesus masih ada Yudas yang menghianati-Nya. Tetapi kita melihat ada sosok yang pada awalnya tidak pernah disebutkan namanya, yaitu Matias yang tetap setia mengikuti pelayanan Tuhan Yesus bahkan ketika Yesus tidak bersama murid yang lainpun dia tetap setia menyertai pelayanan kesebelas murid Yesus, sampai akhirnya Matias terpilih menjadi rasul Tuhan mengganti Yudas. Tetaplah setia kepada-Nya. DN

KESETIAAN DIUJI KETIKA BADAI KEHIDUPAN DATANG MELANDA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>