22 Maret 2015 – Cari Muka

Baca: Galatia 4:12-20
“Memang baik kalau orang dengan giat berusaha menarik orang lain dalam perkara-perkara yang baik, asal pada setiap waktu dan bukan hanya bila aku ada di antaramu.” (Galatia 4:18)

Saya mengutip sebuah kata-kata bijak dari sebuah situs jejaring sosial Facebook atas nama Kata-kata Motivasi. Orang yang berhasil karena ‘cari muka’ di depan manusia, kelak akan kehilangan ‘muka’ di depan Tuhan. Sedangkan orang yang digagalkan walau berhasil, kelak akan jauh lebih berhasil di masyarakat…. ‘Cari Muka’ lah, tapi hanya kepada Tuhan. Maka Anda akan dapat melihat pintu terbaik, yang sedang terbuka menunggu kehadiran Anda.” Sebuah kutipan yang tidak begitu enak di dengar bukan? Tetapi, ini adalah fakta dalam sebuah persaingan karyawan, yaitu dengan cari muka. Banyak diantara mereka yang kemudian mengorbankan rekan-rekan kerjanya demi mendapatkan jabatan dan bahkan hanya sekedar pujian dari bosnya.
Rupanya kebiasaan cari muka ini juga pernah terjadi ketika zaman pelayanan Paulus. Kepupoleran Paulus pada masa itu membuat banyak rekan-rekan pelayanannya yang berusaha ingin mendapatkan perhatian dan pujian dari Paulus sendiri, meskipun seolah-olah hal itu dikerjakan untuk sebuah pelayanan. Yang terjadi pada waktu itu adalah, bahwa mereka giat bekerja ketika mendengar Paulus akan datang, sedangkan mereka tidak berbuat apa-apa ketika Paulus tidak bersama mereka. Oleh sebab itu Paulus menasihatkan agar rekan-rekannya senantiasa bekerja meskipun Paulus tidak hadir.
Bagaimana dengan Anda? Yesus juga mengajarkan bahwa apa pun yang kita lakukan, mari lakukan dengan ketulusan. Tidak perlu risau apakah orang akan melihat atau menilai, tetapi janji Tuhan, Ia akan membalas ketulusan kita dalam bekerja. SP

CARI MUKA HANYA DILAKUKAN OLEH ORANG-ORANG YANG TIDAK TAKUT AKAN TUHAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>