26 Maret 2015 – Mengenal Sumber Berkat

Baca: Yeremia 9:23-26
‚ÄúTetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, semuanya itu Kusukai, demikianlah firman TUHAN.” (Yeremia 9:24)

Ada banyak orang mengira bahwa kekayaannya akan mampu membuat mereka bertahan hidup dengan baik. Tetapi, jika kita perhatikan salah satu contoh orang ini, maka kita mengerti bahwa kekayaan bukanlah sesuatu yang dapat menjamin hidup kita menjadi baik. Seseorang bernama Sean Quinn pernah dinobatkan sebagai orang terkaya di Irlandia pada tahun 2008, Sean merupakan pemilik Anglo Irish Bank, yang membiayai banyak proyek di berbagai negara Eropa. Namun Sean gemar hidup boros dan suka mempertaruhkan hartanya kepada bisnis baru yang belum tentu menguntungkan. Akhirnya investasi yang dia tanamkan amblas yang membuatnya kehilangan kekayaan sebesar 2,8 miliar dolar Amerika hanya dalam waktu singkat.
Hal ini yang terjadi kepada raja Manasye, pada zaman pelayanan nabi Yeremia. Orang Israel mulai menjauhkan diri dari Tuhan dan lebih condong kepada orang Asyur yang telah membuat kemajuan Israel pada zaman itu. Nabi Yeremia melihat pengaruh Asyur ini sudah sangat berbahaya, sebab telah merusak sendi-sendi keimanan umat Tuhan. Mereka sampai pada pikiran, bahwa segala yang mereka miliki karena ketaatan mereka pada allah Baal. Mereka tidak lagi bergantung kepada Tuhan sebagai Allah sumber berkat Israel. Yeremia mengingatkan bahwa segala kemegahan, kehormatan dan kekayaan itu semuanya datang dari Tuhan.
Apa yang membuat Anda merasa kuat? kekayaan yang melimpah seperti Sean Quinn? Mempunyai hubungan dengan orang yang mempunyai pengaruh dan kuasa? Semuanya adalah sia-sia. Meri bergantung kepada Allah sumber kehidupan kita. SP

TUHAN MENJAMIN KEPADA SIAPA YANG BERGANTUNG KEPADA-NYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>