30 Maret 2015 – Usaha Untuk Berubah

Baca: II Korintus 5:1-10
“Sebab itu juga kami berusaha, baik kami diam di dalam tubuh ini, maupun kami diam di luarnya, supaya kami berkenan kepada-Nya.” (II Korintus 5:9)

Kita percaya bahwa perubahan manusia itu 100% pekerjaan Tuhan. Saya meyakini akan hal itu, bahwa jika Tuhan berkehendak Ia dapat melakukan segala sesuatu. Tetapi di dalam Alkitab kita menemukan sebuah nasihat dan bahkan perintah bahwa setiap orang juga harus turut berjuang untuk merubah diri mereka menjadi lebih baik. Seorang penulis bercerita tentang seorang pecandu alkohol yang meminta pendetanya untuk mendoakannya agar ia terlepas dari masalah kecanduan. Ia mengira ini adalah cara yang cepat dan mudah untuk mengatasi ketergantungannya. Sang pendeta, yang mengetahui motivasinya untuk minta didoakan menjawab, “Saya punya ide yang lebih baik. Pergilah ke Alcoholics Anonymous (grup penolong pecandu alkohol).” Ia menyarankan orang itu untuk mengikuti program yang ada dengan tekun serta membaca Alkitab setiap hari. Sang pendeta mengakhiri ucapannya, “Berjuanglah.”
Berusaha dan berjuang adalah bagian yang harus kita lakukan untuk berusaha menjadi lebih baik dihadapan Tuhan. Paulus pun juga menyadari akan bagian tersebut. Di dalam pelayanannya ada banyak hal yang dialaminya. Tetapi ia menyadari bahwa ia pun harus berjuang untuk tetap bertekun di dalam pelayanan. “Sebab itu juga kami berusaha, baik kami diam di dalam tubuh ini, maupun kami diam di luarnya, supaya kami berkenan kepada-Nya.” (II Korintus 5:9)
Anda bergumul dengan kelemahan Anda saat ini? Anda merasa tidak ada perubahan karakter hidup Anda? Mungkin saja Anda belum berusaha melakukan bagian Anda. Mari terus berjuang untuk menjadi yang terbaik bagi Tuhan. SP

TUHAN MEMBERI KEKUATAN BAGI MEREKA YANG SIAP BERJALAN DI DALAM KEBENARAN-NYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>