04 Maret 2015 – Berani menyatakan kebenaran

Baca: Lukas 23:50-56a
“Ia tidak setuju dengan putusan dan tindakan Majelis itu. Ia berasal dari Arimatea, sebuah kota Yahudi dan ia menanti-nantikan Kerajaan Allah.” (Lukas 23:51)

Pada masa pemerintahan Raja Inggris Henry VIII, seorang bernama John Lambert telah ditangkap dan kemudian dihadapkan kepada Raja Henry VIII dan Uskup Agung Canterbury, dianggap telah menentang ajaran gereja pada waktu itu. John Lambert dan para pemuka Gereja saling berargumentasi hingga Raja Henry menjadi bosan dan memberikan pilihan kepada Lambert. Henry berkata, “Setelah mendengar pengajaran dan argumentasi orang-orang terpelajar di sini tidakkah kau puas? Mana yang kau pilih hidup atau mati? Apa jawabmu?” Lambert menarik nafas kemudian menjawab dengan penuh keyakinan, “Aku menyerahkan jiwaku ke tangan Allah, tetapi aku menyerahkan tubuhku kepada kemurahan hatimu.” “Engkau harus mati!” jawab Henry dengan penuh penghinaan. Kemudian, Lambert dibakar di tiang pembakaran. Sementara tubuhnya terbakar, ia mengangkat tangannya dan berkata, “Hanya Kristus! Hanya Kristus.”
Kisah John Lambert ini merupakan sebuah teladan tentang keberanian dalam mempertahankan kebenaran. Begitu juga Yusuf Arimatea, juga sosok yang berani dalam mempertahankan kebenaran. Injil Lukas dicatat bahwa Yusuf adalah seorang anggota Majelis Besar (Bouleutes) yang terkemuka. Sebagai anggota majelis, Yusuf Arimatea tidak setuju dengan keputusan untuk menghukum Yesus, namun karena sendirian, ia tidak dapat mengubah keputusan para Mejelis Agama untuk menyalibkan Yesus. Apa yangdilakukannya penuh dengan resiko, yaitu ia harus mempertaruhkan jabatannya demi memihak kebenaran.
Berjalan di dalam kebenaran membutuhkan sebuah keberanian, meskipun resikonya tidak mudah. Siap berada dijalur yang benar? Kiranya Roh Kudus menolong kita semua. SP

TUHAN SELALU BERADA DI JALAN KEBENARAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>