GM 13 Agustus 2012 – Keindahan Gurun

Baca: Keluaran 15:22-27
“Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus, kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun.” (Lukas 4:1)

Gurun adalah tempat yang tidak menyenangkan, bukanlah tempat yang ditumbuhi rumput hijau dengan air tenang, bukan tempat tinggal yang nyaman dan hangat bukan tempat dimana sumber makanan melimpah. Melainkan tanah yang tandus dengan hamparan pasir yang sangat luas dan jarang mata air, juga suhu yang sangat ekstrem.

Namun padang gurun bagi orang percaya adalah suatu gambaran ujian dalam hidup ini. Seperti bangsa Israel yang telah berhasil menyeberangi Laut Teberau dengan mujizat Tuhan. Mereka langsung diperhadapkan dengan padang gurun, selama tiga hari melewatinya mereka tidak mendapat air. Begitu mendapatkan air mereka senang sekali meskipun airnya pahit (mara). Bahan makanan yang mulai menipis, ancaman binatang buas, akhirnya membuat mereka bersungut-sungut. Karena mereka tidak lagi dapat melihat keindahan di balik padang gurun seperti air yang pahit menjadi tawar, adanya 12 mata air dan 70 pohon kurma, adanya burung puyuh dan roti manna, juga penyertaan Tuhan dalam wujud tiang awan dan tiang api.

Sahabat Gandoem mas, sering kita hanya melihat “padang gurun” dari sisi negatif dengan pandangan mata jasmani kita. Tetapi, jika kita dapat melihat persoalan hidup ini sebagai sesuatu yang indah, dan kita berserah penuh pada Tuhan, maka kita akan lebih lagi mengenal rancangan-Nya yang besar dalam hidup kita. Kita tidak dapat menerima yang baik saja dari Tuhan, dan menolak yang kurang baik. Tetapi, kita harus belajar memiliki iman seperti Ayub. Rela menjalani ujian iman yang berat sampai mendapat berkat yang luar biasa. Ia tidak menyalahkan Tuhan, tetapi berjalan dalam rencana-Nya. Anda siap mengikuti jejaknya? CHS

BERSAMA TUHAN PADANG GURUN PUN JADI INDAH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>