GM 18 Agustus 2012 – Perubahan Hidup

Baca: Lukas 19:1-10
“Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat.” (Lukas 19:8)

Dalam hal apa kita bisa menilai bahwa seseorang telah mengalami pertobatan? Kita lebih sering menilainya dengan aktifnya dia beribadah, melayani dan sebagainya. Apakah hanya sampai hal demikian orang dapat dikatakan telah mengalami pertobatan? Pertobatan sejati didasarkan pada perubahan-perubahan hidup. Sebagai contoh nyata, kita dapat lihat perubahan hidup Zakheus yang terjadi dalam waktu yang relatif singkat.

Kekuatiran Zakheus terhadap hidup lamanya yang begitu jahat terhadap banyak orang tidak terbukti. Justru sebaliknya, Yesus dengan sangat gembira bertemu dengannya dan bahkan ingin bekunjung ke rumahnya. Dan kebutuhan besar Zakheus akan kasih, pengampunan dan penerimaan sesama telah ia dapatkan melalui kehadiran Kristus. Pertemuan dan kehadiran Yesus yang singkat, mampu menghasilkan pertobatan bagi Zakheus. Pertobatan yang tidak sekedar diucapkan di mulut, tetapi ia menunjukkan bahwa sungguh-sungguh dirinya diubahkan. Semua masa lalunya dia tinggalkan dan ia melangkah dalam buah-buah pertobatan.

Dunia ini dapat diyakinkan bukan dengah khotbah saja, tetapi oleh perubahan hidup seseorang juga. Inilah yang Tuhan harapkan terjadi dalam hidup setiap kita. “Menghasilkan buah-buah yang sesuai dengan pertobatan kita.” Saat kita mengaku bertobat di hadapan Tuhan, kita juga harus menunjukkan perubahan hidup yang nyata. Baik perkataan, pikiran dan perbuatan kita.
Perubahan hidup Zakheus terjadi ketika ia bertemu dengan Yesus. Sudahkah Anda berjumpa dengan Yesus dan mengalami perubahan dalam hidup Anda? Alamilah perjumpaan itu. SK

SEBAGAI ORANG PERCAYA, SUDAHKAH HIDUP ANDA BERUBAH?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>