GM 6 Okt 2012 – Bertumbuh Lewat Ketaatan

Baca: Matius 7:24-27
“Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu.” (Matius 7:24)

Seorang anak yang les piano harus sering mempraktekkan pelajarannya sebab jika tidak demikian maka tidak akan pernah bisa walau les 10 tahun. Jadi, belajar kemudian praktek langsung, menggerakkan jari-jari kanan dan kiri sampai berminggu-minggu lalu naik ke tingkat berikutnya. Belajar apapun pasti harus mempraktekkan, kalau tidak maka mubazir. Alkitab tidak berkata bahwa yang  berbahagia adalah orang yang mendengar lalu mencatat atau membeli buku, tetapi yang melakukan. Firman yang kita dengar harus terintegrasi dalam hidup sehari-hari yang akhirnya membentuk fondasi hidup yang kokoh dan siap menghadapi badai yang berkecamuk dalam hidup kita.
Menulis dan membaca kita belajar di Sekolah Dasar. Sampai sekarang kita tidak lupa karena itu sudah menyatu dalam hidup kita sehari-hari. Tetapi masihkah Anda ingat kapan tepatnya Belanda menjajah Indonesia? Karena tidak menyatu dalam hidup kita maka kita tidak ingat.

Berdoa, memberi perpuluhan, jujur, mengejar kekudusan, memberitakan Injil, membayar pajak dan sebagainya akan mudah dilakukan ketika kita sudah melakukannya berulang-ulang dan sudah menjadi kebiasaan. “Orang bodoh” dalam Alkitab bahasa Jawa adalah “orang gemblung.” Tidak peduli orang itu pengusaha sukses, dokter, pejabat, pendeta atau jemaat jika kita hanya mendengar atau membaca Firman, tetapi tidak melakukannya maka kita adalah kumpulan “orang gemblung.” Secara fisik, tidak ada seorang pun di dunia ini yang berani membangun rumah di atas pasir. Tetapi secara rohani banyak orang yang membangun rumah rohnya di atas pasir, dengan cara tidak melakukan Firman. BAS

JADILAH PELAKU DAN BUKAN PENDENGAR SAJA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>