GM 9 Okt 2012 – Tunduk Pada Otoritas

Baca: Roma 13:1-7
“Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.” (Roma 13:1)

Paulus menuliskan pesan di atas ketika kekaisaran Roma dipimpin orang yang sangat kejam yaitu Nero. Dia membunuh ibunya sendiri, saingannya, dan juga istrinya. Di tangannya pula banyak orang Kristen dibunuh dengan kejam. Ada yang di adu dengan singa, digantung, disalib dan kepalanya ditusuk dengan kayu lalu dipajang di jalanan untuk dijadikan penerangan.

Anehnya, pada masa seperti itu Paulus tetap meyakini bahwa semua pemerintahan di bumi ini ditetapkan Allah dan orang Kristen harus tunduk. Ini bukan usul atau saran tetapi perintah yang merupakan keharusan. Tuhanlah yang menciptakan wewenang, melawan otoritas sama dengan melawan Allah. Dalam urusan pemerintah kita wajib membayar pajak, telpon, air dengan benar, memberi hormat pada pejabat, dan tidak demo di luar aturan.

Dalam keluarga anak harus menghormati orang tua, dan istri tunduk pada suami. Dalam urusan majikan dan karyawan, taat pada atasan seperti kepada Tuhan, jangan terprovokasi dengan hasutan. Salurkan aspirasi lewat jalur yang sopan dan hormat. Di bidang rohani dengan tegas Tuhan menyatakan jangan mengusik orang-orang yang Kuurapi atau berbuat jahat pada nabi-nabi-Ku. Ibrani 13:17 dikatakan “Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah pada mereka …” Setan mempunyai prinsip pemberontakan yang kuat sehingga membujuk manusia untuk melawan otoritas yang ada dan menyebabkan kekacauan. Lebih baik memyampikan saran dan koreksi dengan penuh hormat dan kasih pada pemimpin rohani kita, bila belum didengarkan, doakanlah sampai Tuhan membuka hatinya. BAS
ORANG YANG TIDAK TAAT JADI SASARAN EMPUK IBLIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>