GM 12 Okt 2012 – Baik Lagi Benar

Baca: Lukas 23:50-56a
“Adalah seorang yang bernama Yusuf. Ia anggota Majelis Besar, dan seorang yang baik lagi benar.” (Lukas 23:50)

Sebuah istilah yang sering muncul dan tidak asing berkata: “baik itu belum tentu benar” Artinya orang baik pun belum tentu orang benar. Tetapi, bukan berarti orang seperti itu tidak ada bukan.
Alkitab memberikan kesaksian ternyata masih banyak orang yang baik lagi benar. Salah satunya ialah Yusuf Arimatea. Injil Lukas tentunya tidak asal-asalan menyatakan bahwa Yusuf Arimatea adalah orang benar. Bahkan mungkin ia telah mendengar atau sudah melihat kebaikan yang telah ia lakukan. Wajar saja bila ia dikatakan orang yang benar. Sebab menunjuk orang benar maka kebenaran itu harus diwujudkan dalam hidupnya. Yusuf adalah orang yang baik lagi benar, artinya ia seorang yang berhasil mencerminkan kebaikan hatinya untuk dinikmati oleh orang lain dan berlaku sesuai dengan hukum yang ada. Baik itu hukum manusia maupun hukum Tuhan.

Sekali pun Yusuf seorang yang kaya, “Majelis Besar” yang terkemuka dan dihormati tetapi itu semua tidak membelenggu dirinya untuk menyatakan kebaikan hatinya. Ia tidak segan-segan memberikan hartanya untuk persiapan penguburan Yesus. Ini membuktikan ia adalah seorang yang juga mengasihi Yesus. Identitas dirinya sebagai orang benar tidak hanya sebatas isapan jempol saja, tetapi benar-benar diwujud nyatakan dalam tindakan mengasihinya.

Sahabat Gandoem Mas, kita tidak perlu menunggu untuk orang lain mencap kita orang baik dan benar dulu. Sebab label orang benar sudah kita terima ketika kita beriman kepada Yesus dan otomatis cap orang baik akan datang dengan sendirinya.Yang terpenting, maukah Anda menjadi orang baik lagi benar? YN
KEBAIKAN AKAN SIA-SIA JIKA DILAKUKAN OLEH ORANG YANG BELUM DIBENARKAN OLEH TUHAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>