GM 13 Okt 2012 – Melewati Lubang Jarum

Baca: Matius 19:16 – 26
“Lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum, dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah.” (Matius 19:24)

Mayoritas umat Kristiani meyakini, bahwa makna dari ayat tersebut adalah “Amat sukar bagi orang kaya untuk bisa masuk kerajaan sorga, lebih dari unta bisa masuk lubang jarum.” Jikalau maknanya benar begitu, kasihan banget nasibnya orang kaya. Mana mungkin unta bisa melewati lubang jarum? Untuk itu, mari kita bersama merenungkannya. Kepada orang muda itu Yesus menekankan pentingnya “10 Perintah Allah”. Jangan membunuh, hormati orang tua, dan seterusnya. Apa jawab orang muda itu? “Semuanya itu telah kuturuti. Apalagi yang masih kurang?” (Matius 19:20). Lalu Yesus menjawab: “Juallah segala milikmu.” Artinya ia akan jadi orang miskin! Apa responnya? “Pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya.”
Jadi, arti kaya di sini bermakna ganda. Namun esensinya sama, yaitu merasa kaya di hadapan Allah, atau keangkuhan rohani. Sekarang kami ajak anda membaca Lukas 16:19-31. Makna dari perumpamaan Tuhan Yesus di sini, orang kaya itu adalah orang Farisi, Ahli Taurat, yang merasa kaya di hadapan Allah, karena sudah beribadah, berdoa, bayar persepuluhan, dan sebagainya. Sedang Lazarus adalah “para pemungut cukai dan perempuan sundal”, orang-orang miskin (berhutang besar karena dosa) di hadapan Allah. Maka, maknanya yang hakiki adalah, yang amat sulit masuk Kerajaan sorga bukan orang kaya (uang dan harta benda), tapi orang yang merasa kaya di hadapan Allah, sombong rohani.
Abraham, Ishak dan Ayub adalah orang kaya yang pasti masuk Kerajaan sorga, tanpa perlu diragukan lagi. Orang kaya, tenangkanlah hatimu. Asal Anda beriman pada Yesus Kristus, tulus dan rendah hati, sorga terbuka lebar bagi Anda! GS
BAGI MANUSIA MUSTAHIL, BAGI ALLAH BISA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>