21 Januari 2013 – Sumber Bahagia

Baca: Amsal 17:1-20
“Orang yang serong hatinya tidak akan mendapat bahagia, orang yang memutar-mutar lidahnya akan jatuh ke dalam celaka.” (Amsal 17:20)

Sebuah penelitian yang meliputi 136.000 orang dari 132 negara menunjukkan bahwa tidak berarti negara yang masyarakatnya lebih kaya, masyarakatnya lebih bahagia. Amerika Serikat yang penduduknya rata-rata paling kaya di dunia hanya menempati urutan ke-16 di antara 132 negara di dunia dalam soal kebahagiaan. Uang memang membuat mereka lebih kaya tetapi belum tentu membuatnya lebih bahagia. Ada juga negara seperti Korea Selatan dan Rusia yang dari pendapatan masyarakatnya tinggi, tetapi mereka kurang menikmati hidup sehingga dalam urutan kebahagiaan itu mereka berada di bawah. Urutan pertama diduduki Denmark. Kuncinya karena masyarakat Denmark lebih berpikiran positif dan lebih bisa menikmati hidup sehingga mereka lebih berbahagia (Sumber: andriewongso.com).

Fakta tersebut menunjukkan bahwa apa yang sedang kita miliki tidak menentukan kebahagiaan. Penulis Amsal memberi nasihat bahwa kebahagiaan adalah jika hati tidak serong (Amsal 17:20). Orang yang hatinya serong adalah orang yang tidak lurus jalannya. Orang yang tidak fokus terhadap jalan yang benar dan orang yang tidak menempatkan Tuhan sebagai sumber hidupnya. Mungkin mereka tidak melakukan hal yang tidak bersifat jahat secara moral, tetapi dilakukannya untuk mengejar kepuasan diri sendiri dan bukan untuk kemuliaan Tuhan. Orang-orang yang demikian pasti tidak akan mengalami kebahagiaan yang sejati.
Meskipun tidak memiliki harta yang melimpah, Anda dan saya dapat berbahagia jika kita hidup untuk kemuliaan Tuhan. Jika Tuhan Yesus yang menjadi pusat pemeliharaan hidup Anda, hidup Anda akan senantiasa berbahagia. SP

YESUSLAH MENJAMIN ANDA BAHAGIA, BUKAN HARTA YANG ANDA MILIKI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>