26 Januari 2013 – Berlaku Curang

Baca: Kejadian 31:1-21
“Tetapi ayahmu telah berlaku curang kepadaku dan telah sepuluh kali mengubah upahku, tetapi Allah tidak membiarkan dia berbuat jahat kepadaku.” (Kejadian 31:7)

Berbeda dengan arti nama Yakub yakni; “Penipu” Laban mertua Yakub ini mempunyai arti nama yang baik, yaitu “putih”. Biasanya warna putih identik dengan, bersih, tindakan yang mulia, tanpa kesalahan. Tentunya sebuah nama merupakan doa dan harapan orang tua yang nantinya mempunyai moral dan karakter yang baik. Bertolak belakang dengan hidup Laban, ia sendiri tidak menunjukkan sikap yang ‘putih’.

Alkitab berkata: “Laban adalah orang yang curang” Kecurangan pertama yang dilakukannya ialah tidak memberikan Rahel kepada Yakub pada hari pernikahan yang ditetapkan. Tetapi memberikan Lea, anak perempuan tertua yang tidak dicintai Yakub. Mungkin ini tindakan baik karena sesuai dengan budaya setempat, tetapi ada yang berkata; wajar saja, karena Yakub pun pernah melakukan penipuan terhadap Esau, kakaknya. Namun, tetap saja perbuatan Laban merupakan penipuan dan Yakub pun tertipu. Laban terus menerus mencurangi Yakub dengan sepuluh kali, mertuanya mengubah upahnya, dan Laban tidak bertobat bahkan tanpa disadari ia telah menjual kedua anak perempuannya (Kejadian 31:14-15). Sebab itu Allah tidak membiarkan ia terus berbuat jahat pada Yakub. Keserakahan telah membuat Laban tidak puas dan berlaku curang. Segala cara dilakukan sekalipun harus mengorbankan anak-anaknya.

Sahabat GandoemMas, ketika kecurangan dan keserakahan mulai menggerogoti hati Anda maka segala cara dihalalkan, bahkan mengorbankan orang-orang yang dikasihi agar ambisi pribadi Anda terpenuhi. Waspadalah agar Anda tidak berlaku curang! YN

CEPAT ATAU LAMBAT ORANG YANG BERLAKU CURANG MENERIMA GANJARAN DARI TUHAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>